Pemprov Juara Treasury Award

Gorontalo – Dikbudpora, Dinsos, Disbunak, Dinas Nakertrans Pengelola Dekon/ TP Terbaik.

Prestasi Pengelolaan keunagan negara sepertinya sulit lepas dari Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim yang memfokuskan sistem pengelolaan  keuangan transparan, akuntabel dan sesuai ketentuan perundangan itu, tidak saja langganan opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), serta penyerapan anggaran tercepat se-nasional, tapi terbaru, Pemprov diberikan Treasury Award, yakni penghargaan paling bergensi dari kementrian Keuangan RI karena dinilai memiliki kinerja pengelolaan keuangan negara yang sangat baik.

Pemprov Gorontalo meraih treasury award bidang pemerintah daerah, diserahkan langusng kepala kantor wilayah ditjen perbendaharaan Gorontalo, Ismet Saputra, di Maqna Hotel Gorontalo, kemarin.

Penghargaan ini diterima Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim. Selain Pemprov Gorontalo, untuk kategori satuan kerja (satker) pengelola tugas pembantu (TP) terbaik, Dinas Nakertrans Provinsi Gorontalo  berhasil menjadi juara tiga, sementara kategori satker pengelola dana dekonstrasi (Dekon), diraih Dinas Pendidikan Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora), Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak), serta Dinas Sosial (Dinsos).

Wakil Gubernur Idris Rahim mengatakan, Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat mengapresiasi langkah kanwil Ditjen Perbendahraan Provinsi Gorontalo yang secara periodik melaksanakan evaluasi pelaksanaan anggaran setiap triwulan dan semester, yang telah terbukti memapu mengidentifikasi secara dini setiap permasalahan dalam pengelolaan anggaran sehingga tidak menjadi permasalahan pada penyusunan laporan keuangan.

“Keberhasilan kita dalam meningkatkan kualitas dan akuntabilitas keuangan negara yang ditandai oleh peningkatan opini BPK terhadap LKPP dan LKPD, selain merupakan hasil  dari komitmen, usaha keras, dan kesungguhan kita semua, juga tak lepas dari peran Kanwil Ditjen Perbendaharaan yang secara periodik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran,” kata Idris.

Kepada  satuan kerja baik SKPP maupun SKPD yang berhasil meraih penghargaan Treasury Awards 2012, Wagub Idris Rahim menguscapkan selamat sekaligus berharap untuk terus meningktakan kinerjanya.

Menurutnya, dibalik penghargaan tersebut terdapat tanggung jawab yang besar untuk meningkatkan dan membuktikan kinerja terbaik.

Sementara bagi satuan kerja yang belum berhasil meraih penghargaan Treasury Award, Idris berharap untuk terus meningkatkan kinerja sehingga mempunyai kesempatan untuk meraih penghargaan tersebut dimasa mendatang. “Penghargaan Treasury Awards ini saya harapkan mampu mendorong penigkatan  kualitas pelayanan kepada masyarakat dan dapat memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan mengatakan, penilaian treasury awards dilakukan secara koperhensif, meliputi indkator-indikator yang secara  kuantatif mengukur kinerja dan kualitas pelaksanaan anggaran dengan memperhatikan aspek akuntabilitas. (gp/tro)

253 total views, 2 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply