Pemprov Hibahkan Lahan Untuk Pembangunan UPT BKN Gorontalo

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), menyerahkan sertifikat tanah kepada Kepala BKN RI, Bima Haria Wibisana, yang dihibahkan untuk pembangunan UPT BKN di Gorontalo, yang digelar di ruangan Dulohupa kompleks Gubernuran Gorontalo, Jumat (24/8). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menghibahkan lahan untuk pembangunan kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI di Provinsi Gorontalo. Hibah tanah tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim kepada Kepala BKN RI, Bima Haria Wibisana, di ruangan Dulohupa kompleks Gubernuran Gorontalo, Jumat (24/8/18).

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemprov Gorontalo yang telah menyerahkan sertifikat tanah yang dihibahkan untuk pembangunan kantor UPT BKN. Sebelumnya kami juga telah difasilitasi kantor untuk UPT tersebut,” kata Kepala BKN RI.

Baca Juga :  Wagub : Pertumbuhan Ekonomi Gorontalo Triwulan I Naik 6,51 Persen

Bima Haria Wibisana menjelaskan, UPT BKN memiliki tiga fungsi, yaitu menyelenggarakan Computer Assisted Tes (CAT) yang tidak hanya untuk rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) saja tetapi dapat juga digunakan antara lain untuk penyesuaian ijazah dan kenaikan pangkat. Fungsi kedua adalah menyelenggarakan assessment center, yang fungsi utamanya adalah memotret atau memetakan potensi dan kompetensi setiap PNS.

“Jadi assessment center ini outpunya adalah talent management atau manajemen bakat. Setiap PNS ada profilnya, bakatnya apa, kekuatan dan kelemahannya apa, dan kalau ingin dikembangkan, ke arah mana dia harus dikembangkan. Jika kita tidak mengetahui itu, maka kita akan menempatkan seseorang bukan pada tempatnya,” jelas Bima.

Baca Juga :  Sekda Gorontalo Ingatkan Aparatur Soal Penghematan Anggaran

Fungsi ketiga dari UPT BKN adalah melakukan proses manajemen Aparatus Sipil Negara (ASN). Terkait dengan fungsi ini, keberadaan UPT BKN bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada ASN.

“Jika sebelumnya proses manajemen harus dilakukan di kantor BKN Regional di Manado, maka sekarang sebagian dapat kita selesaikan di Gorontalo sehingga biayanya relatif lebih murah,” tutur Bima.

Dalam sambutannya pada kesempatan itu Wagub Idris Rahim mengatakan, kemajuan yang diraih oleh Pemprov Gorontalo hingga saat ini tak lepas dari peran seluruh ASN di Provinsi Gorontalo. Terkait hal itu Pemprov Gorontalo terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas aparatur yang secara profesional mampu menarik gerbong penyelenggaraan pemerintah, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Baca Juga :  Rp3,3 Milyar Bantuan untuk Bone Bolango Diserahkan

“Kami berkomitmen agar ASN di Provinsi Gorontalo adalah aparatur yang profesional, mampu berinovasi, dan juga berintegritas. Tentunya sinergitas dengan UPT BKN sangat kami harapkan untuk mewujudkan hal itu,” terang Idris.

Lahan yang dihibahkan oleh Pemprov Gorontalo untuk pembangunan kantor UPT BKN seluas 4.060 meter persegi, yang terletak di Kelurahan Tamalate Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. sebelumnya pada tahun 2016, Pemprov Gorontalo juga telah memberikan fasilitas gedung pinjam pakai untuk UPT BKN yang berlokasi di Kelurahan Hepuhulawa, Limboto, Kabupaten Gorontalo, yang diresmikan pemanfaatannya pada 30 September 2016.

Pewarta : Haris

732 total views, 1 views today

author

Author: