Pemprov Gorontalo Resmi Usung Delapan Program Prioritas Daerah

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, memukul gong yang menandai dibukanya Musrenbang RPJMD Provinsi Gorontalo 2018-2022

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo secara resmi memperkenalkan tentang visi, misi dan delapan program prioritas pemerintah di bawah kepemimpinan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim periode 2017-2022. Arah kebijakan pemerintah tersebut disampaikan pada Musyawarah Perencanaan Daerah (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang digelar di Hotel Maqna, Senin (25/9).

Pada periode kepemimpinannya yang kedua ini, duet Rusli Idris mengusung visi “Terwujudnya masyarakat Gorontalo yang unggul, maju dan sejahtera”. Visi tersebut dijabarkan kedalam empat misi yakni mewujudkan pengelolaan pariwisata dan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan, menjamin ketersediaan infrastruktur daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih merata dan adil, meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta terciptanya pemerintahan yang baik dan lebih melayani.

“Visi dan misi tersebut dijabarkan ke delapan program prioritas yaitu pendidikan berkualitas, kesehatan yang prima, infrastruktur yang merata, ekonomi rakyat yang meningkat, pemerintah yang melayani, agama dan budaya, pariwisata yang mendunia dan lingkungan yang lestari,” terang Wakil Gubernur Idris Rahim.

Lebih lanjut Idris mengungkapkan, dalam kurun waktu 2017-2022 nanti pihaknya juga tetap fokus untuk menciptakan aparatur pemerintahan yang kreatif, inovatif, kompetitif dan profesional. Selain itu tetap komitmen menjaga stabilitas keamanan, ketertiban dan politik serta lebih amanah.

“Dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan maka aktivitas pembangunan harus mendukung lingkungan yang lebih lestari. Pembangunan difokuskan pada pengelolaan potensi sumber daya alam terutama pertanian, kelautan, pertambangan yang ramah lingkungan. Semuanya mengutamakan kepentingan masyarakat dan kelestarian lingkungan,” tandasnya.

Untuk menggerakkan program-program tersebut, pihaknya menyadari butuh anggaran dan pendapatan daerah yang cukup. Oleh karena itu, selain fokus meningkatkan kemandirian fiskal melalui pendapatan asli daerah, pihaknya juga terus berupaya agar mendapatkan dukungan anggaran dari pemerintah pusat dan mitra kerja baik nasional maupun internasional.

Musrenbang RPJMD tersebut dibuka oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh atasnama Menteri Dalam Negeri. Selain dihadiri oleh para bupati/walikota se-Gorontalo, acara tersebut juga dihadiri oleh anggota DPR RI Dapil Gorontalo Elnino M.H Mohi, anggota DPD RI Rahmijati Jahja serta Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan Bappenas RI, Oktorialdi.

Pewarta/Editor : Ismail
Foto : Haris

117 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply