Pemprov Gorontalo Raih Treasury Awards Kategori Fiskal Regional Terbaik

Sekda Provinsi Gorontalo, Winarni Monoarfa (kanan), menerima Treasury Awards 2017 untuk kategori Pemda dengan Fiskal Regional Terbaik

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo meraih penghargaan Treasury Awards 2017 untuk kategori pemerintah daerah dengan fiskal regional terbaik tahun anggaran 2016. Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Pelaksanaan Anggaran Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI, Didyk Choiroel, kepada Sekda Provinsi Gorontalo, Winarni Monoarfa, di aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Kamis (24/8).

Pada kategori pemerintah daerah dengan pelaporan keuangan, Pemerintah Provinsi Gorontalo menempati urutan kedua setelah Pemerintah Kabupaten Gorontalo, dan posisi ketiga diraih oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Ismed Saputra mengatakan, pemberian Treasury Awards dilaksanakan dalam rangka memberikan apresiasi kepada Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dan Satuan Kerja Pemerintah Pusat (SKPP) yang ada di daerah, yang telah melakukan pengelolaan APBN dan APBD secara berkualitas.

“Penghargaan ini diharapkan akan mendorong seluruh elemen entitas pengelola keuangan negara untuk menerapkan prinsip-prinsip pengelolaan APBN dan APBD yang baik,” terang Ismed.

Penyelenggaraan Treasury Awards telah memasuki tahun kedelapan, sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2010. Untuk tahun ini, Treasury Awards terdiri dari sembilan kategori yaitu, kategori satuan kerja vertikal dengan indeks kinerja pelaksanaan anggaran terbaik, kategori satuan kerja dekonsentrasi terbaik, kategori tugas pembantuan atau urusan bersama terbaik, kategori unit akuntansi kuasa pengguna anggaran terbaik, kategori unit akuntansi pembantu pengguna anggaran tingkat wilayah terbaik, kategori pemerintah daerah dengan pengelola KUR terbaik, kategori pemda dengan fiskal regional terbaik, kategori pemda dengan pelaporan keuangan terbaik, serta kategori satuan kerja penyumbang penerimaan negara bukan pajak (PNBP) terbaik.

Pada kesempatan itu, Wagub Idris Rahim memberi ucapan selamat kepada SKPP maupun SKPD yang berhasil memperoleh penghargaan Treasury Awards tahun 2017. Dirinya menekankan, penghargaan ini harus bisa memotivasi untuk terus meraih kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan.

“Penghargaan Treasury Awards ini harus mampu mendorong kinerja instansi pemerintah pusat dan daerah untuk peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, kualitas pengelolaan keuangan, serta kualitas pelaporan pertanggungjawaban keuangan negara,” tandas Idris Rahim.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

147 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply