Pemprov Gorontalo Raih Treasury Awards Fiskal Regional Terbaik

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (depan kiri), menyerahkan trofi Treasury Awards kepada Kepala Dinas Pangan Provinsi Gorontalo yang berhasil meraih terbaik pertama untuk kategori Satker Dekonsentrasi Terbaik di aula Mohuyula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Kamis (26/7). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo meraih penghargaan Treasury Awards tahun 2018 untuk kategori Fiskal Regional Terbaik. Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Keuangan Daerah Provinsi Gorontalo, Huzairin Roham, pada rapat koordinasi dan evaluasi pengelolaan keuangan pemerintah pusat dan daerah yang digelar oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, di aula Mohuyula Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Kamis (26/7/2018).

Baca Juga :  Persiapan HKSN Dimatangkan di Tingkat Kementerian

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Ismed Saputra, dalam sambutannya mengatakan, pemberian penghargaan Treasury Awards merupakan bentuk apresiasi kepada mitra kerja Kanwil Ditjen Perbendaharaan, Satuan Kerja (Satker) vertikal dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah melaksanakan pengolahan belanja negara secara berkualitas sehingga dampaknya dapat langsung dirasakan masyarakat.

“Treasury Awards ini adalah apresiasi kepada mitra kami Satker, UAKP, Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah, dan pemerintah daerah yang telah melakukan pengolahan APBN secara berkualitas, sekaligus mendorong pengelolaan APBN dengan prinsip-prinsip yang baik,” kata Ismed.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim dalam arahannya berharap, penganugeran Treasury Awards mampu mendorong peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, kualitas pengelolaan keuangan, serta kualitas pelaporan pertanggungjawaban keuangan negara di masa mendatang.

Baca Juga :  Kwarda Gorontalo Ziarah ke Makam Pahlawan Tokoh Pramuka

Idris mengutarakan, besarnya alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa, menuntut pemerintah daerah untuk menggunakan anggaran tersebut dengan patut dan tepat, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Pada tahun 2018 ini, alokasi dana transfer dan dana desa ke seluruh wilayah Provinsi Gorontalo mencapai Rp6,55 triliun atau meningkat sebesar 5,85 persen dari alokasi dana tahun sebelumnya yang sebesar Rp6,18 triliun.

“Alokasi anggaran yang begitu besar menujukkan komimen yang tinggi dari Pemerintah Pusat untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Oleh karena itu tugas kita di daerah harus mengelola anggaran tersebut dengan baik untuk kepentingan masyarakat,” ujar Wagub.

Penganugerahan Treasury Awards tahun 2018 merupakan penyelenggaran untuk tahun kesembilan. Untuk tahun ini, Treasury Awards terdiri dari 12 kategori, di antaranya yaitu kategori Satker vertikal dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik, kategori UAKPA terbaik, kategori UAPPA tingkat wilayah terbaik, kategori Satker dekonsentrasi terbaik, kategori Satker Tugas Pembantuan dan Urusan Bersama terbaik, kategori penyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbaik, dan kategori pemerintah daerah dengan fiskal terbaik.

Baca Juga :  Zudan Kukuhkan Pengurus Baznas Dan BMKT Provinsi Gorontalo

Pewarta : Haris

486 total views, 1 views today

author

Author: