Pemprov Gorontalo Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah

Foto bersama Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) bersama Sekdaprov Winarni Monoarfa (ketiga kanan), Bupati Bone Bolango Hamim Pou (kedua kanan), Inspektur Provinsi Gorontalo Ahmad Rosadi (ketiga kiri) dan Sekda Kota Gorontalo Ismail Madjid, usai penyerahaan penghargaan SAKIB di Hotel Tentrem Yogyakarta, Selasa (13/2)

Yogyakarta – Pemerintah Provinsi Gorontalo memperoleh penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2017 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB, Asman Abnur, pada penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Wilayah III tahun 2017 dan coaching clinic tahun 2018 di hotel Tentrem Yogyakarta, Selasa (13/2).

“Alhamdulillah SAKIP Provinsi Gorontalo memperoleh nilai B atau Baik dari Kementerian PAN-RB. Hasil ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya mendapatkan nilai CC,” kata Wagub Idris Rahim saat dihubungi usai kegiatan tersebut.

Idris menambahkan, pada kesempatan itu Menteri PAN-RB meminta kepada jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota untuk terus meningkatkan seluruh aspek penilaian SAKIB mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan outcome atau dampak dari pelaksaan program kegiatan.

“Pak Menteri meminta kepada saya agar tahun depan Provinsi Gorontalo bisa meraih nilai BB ataupun A. Untuk mencapai target itu perlu kerja keras dan sinergitas dari seluruh organisasi perangkat daerah. Saya optimis kita bisa meraihnya,” ujar Idris.

Sementara itu Inspektur Provinsi Gorontalo, Ahmad Rosadi, yang turut mendampingi Wagub Idris Rahim pada kegiatan itu menjelaskan bahwa akuntabilitas kinerja Pemprov Gorontalo semakin membaik. Hasil yang diperoleh Pemprov Gorontalo menunjukkan SAKIB yang terus dibangun mulai dari proses perencanaan dengan indikator kinerja yang terukur, pengukuran kinerja, evaluasi kinerja, hingga proses pelaporan.

“Dengan hasil ini menunjukkan tata kelola pemerintahan kita semakin baik. Indikatornya, kita meraih opini WTP dari BPK RI, untuk penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Gorontalo juga masuk 10 besar, dan terakhir ini SAKIB Provinsi Gorontalo berhasil mendapat nilai Baik dari Kementerian PAN-RB. Artinya pemerintahan saat ini sudah berada pada trek yang benar,” tandas Rosadi.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP Wilayah III tahun 2017 untuk wilayah III meliputi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sulawesi, Yogyakarta, Jawa Tengah, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Secara umum hasil evaluasi SAKIB di wilayah III pada tahun 2017 mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai evaluasi sebesar 47,57 atau meningkat 8,59 poin dari tahun 2016 yang hanya sebesar 45,91.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Didin

128 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply