Pemprov Gorontalo Raih Double Hattrick Opini WTP

0
632
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan), menandatangani berita acara penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas LKPD T.A 2017 di ruang sidang DPRD Provinsi Gorontalo, Rabu (30/5). (Foto : Haris-Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Keberhasilan ini menjadi prestasi yang ke enam kalinya secara berturut-turut atau double hattrick di bawah pemerintahan Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim.

Penyerahan laporan hasil pemeriksaan BPK RI dilakukan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Gorontalo, Rabu (30/5/2018). Laporan hasil pemeriksaan atas LKPD tahun anggaran 2017 diserahkan oleh Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara BPK RI, Nizam Burhanuddin, kepada Ketua DPRD Provinsi Gorontalo dan Wakil Gubernur Gorontalo.

“Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan, BPK memberikan opini WTP atas LKPD Pemerintah Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2017 yang sekaligus merupakan pencapaian opini WTP yang ke enam,” ujar Nizam yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh anggota DPRD Provinsi Gorontalo dan tamu yang hadir pada rapat paripurna tersebut.

Lanjut kata Nizam, BPK RI mengapresiasi upaya Pemprov Gorontalo dalam rangka pencapaian target yang telah ditetapkan dalam prioritas pembangunan daerah tahun 2017 serta usaha-usaha perbaikan yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah daerah atas pengelolaan keuangan daerah. Menurutnya, LKPD Pemprov Gorontalo tahun anggaran 2017 terjadi perbaikan dalam penyajian laporan keuangan.

Artikel Terkait  Gubernur Gorontalo Kukuhkan Satgas Illegal Fishing

“Kami sangat mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan Pemprov Gorontalo. Hal ini sejalan dengan komitmen BPK untuk terus mendorong pemerintah daerah melakukan perbaikan berkelanjutan secara sistemik dan konsisten,” terangnya.

Sementara itu Wagub Idris Rahim dalam sambutannya mengatakan bahwa opini WTP menunjukkan komitmen seluruh jajaran Pemprov Gorontalo untuk melakukan pengelolaan keuangan daerah secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Atas prestasi yang ke enam kalinya meraih opini WTP, Wagub Idris Rahim menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada BPK, BPKP, dan Kementerian Dalam Negeri, dan seluruh pihak terkait yang telah membantu, membimbing, dan memberi arahan guna tercapainya opini WTP.

“Opini WTP ini patut kita syukuri. Kita juga berkomitmen untuk terus mempertahankan opini WTP di tahun-tahun mendatang dengan terus mendorong peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan demi untuk tercapainya Gorontalo yang unggul, maju, dan sejahterah,” pungkas Wagub Idris Rahim.

Pewarta/Editor : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini