Pemprov Gorontalo Peringati HUT ke-90 Sumpah Pemuda

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) didampingi Wakil Gubernur Idris Rahim foto bersama dengan siswa siswi SMA yang tampil dengan busana adat daerah pada peringatan HUT ke-90 Sumpah Pemuda yang digelar di halaman Museum Gorontalo, Senin (29/10/2018). (Foto: Haris-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo memperingati Hari Ulang Tahun ke-90 Sumpah Pemuda dengan upacara bendera yang berlangsung di halaman Museum Gorontalo, Senin (29/10/2018).

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri oleh Wakil Gubernur Idris Rahim, pimpinan OPD serta seluruh staf Pemprov Gorontalo.

Pada peringatan sumpah pemuda yang mengambil tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” itu, Gubernur Rusli membacakan amanah Menteri Pemudah dan Olahraga (Menpora) RI Imam Nahrawi.

Baca Juga :  Prospek Ekonomi Gorontalo Tahun 2019 Tumbuh 7,4 Persen

Menpora meminta momentum HUT Sumpah Pemuda harus mampu memotivasi kaum muda untuk menjadi insan yang beriman, bertakwa dan berprestasi. Menurutnya, di era perkembangan teknologi informasi saat ini bagaikan dua sisi mata uang.

“Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan daya saing, namun pada sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoax, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme,” ujar Rusli.

Kondisi tersebut amat relevan jika para pemuda kembali pada semangat Revolusi Mental yang didengungkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Revolusi untuk mewujudkan pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyerahkan penghargaan pada perwakilan pemuda yang berprestasi di sela-sela pelaksanaan Upacara HUT ke-90 Sumpah Pemuda yang digelar di halaman Museum Gorontalo, Senin (29/10/2018). Pemuda Gorontalo berprestasi pada Jambora Pemuda Indonesia (JPI) tingkat nasional tahun 2018 dengan menyabet juara I pentas seni dan juara II senam poco-poco versi Kemenpora RI. (Foto: Haris-Humas).

Jika pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama ras dan kultur menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan yang lebih baik.

Baca Juga :  Wagub Gorontalo Buka Kejurda Karate Inkanas

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah. Lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita. Pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” seru Rusli.

Upacara dimeriahkan dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan parade pakaian adat dari berbagai daerah oleh siswa siswi SMA. Ada juga pemberian penghargaan bagi pemuda Gorontalo berprestasi dan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Tingkat Nasional tahun 2018.

Provinsi Gorontalo meraih juara I untuk kategori pentas seni dan juara II senam poco-poco versi Kemenpora. Gubernur Rusli juga turut menyerahkan SK kenaikan pangkat bagi sejumlah PNS di lingkungan Pemprov Gorontalo.

Pewarta: Isam

327 total views, 1 views today

Tags:
author

Author: