Pemprov Gorontalo Peringati 110 Tahun Harkitnas

Penjabat Sekda Provinsi Gorontalo Anis Naki bertindak sebagai insepktur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 110, Senin (21/5/2018). (Foto: Nova-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 tahun 2018, Pemerintah Provinsi Gorontalo gelar Upacara Bendera, di Museum Purbakala Popa-Eyato, Senin (21/5/2018). Seluruh jajaran baik pejabat Eselon, staf dan PTT ikut dalam pelaksanaan upacara.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Anis Naki menjadi Inspektur Upacara yang menyampaikan sambutan tertulis dari Menkominfo Rudiantara mengatakan, lebih dari seabad lalu, rakyat Indonesia membentuk berbagai perkumpulan untuk mempertaruhkan nyawa meraih kemerdekaan.

“Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama,” kata Anis

Anis mengungkapkan, kita harus bercermin dari keberhasilan Budi Utomo menggalang ide nasionalisme mulai dengan segelintir orang seabad lalu, dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, namun rakyat telah menikmati hasil perjuangan berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

“sekarang bangsa ini punya hampir segala yang dibutuhkan, seharusnya kita terinspirasi bahwa dengan kondisi bangsa seabad lalu yang berada dalam kekurangan, kita telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak berkekurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia,” ujar Anis

Untuk itu, Anis mengatakan dalam peringatan Harkitnas ini, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri apalagi di era digitalisasi seperti ini pembagunan sumber daya manusia menjadi hal yang sangat penting.

“Mari maknai peringatan tahun ini di lingkungan kita masing-masing, sesuai lingkup tugas kita masing-masing, untuk semaksimal mungkin memfasilitasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, terutama generasi muda, yang akan membawa kepada kejayaan bangsa di tahun-tahun mendatang,” tandasnya.

Pewarta: Nova

Editor: Isam

128 total views, 1 views today

author

Author: