Pemprov Gorontalo Percepat Sistem E-Samsat 

GORONTALO – Untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan, Pemerintah Provinsi Gorontalo bersinergi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk segera mewujudkan pelaksanaan sistem e-samsat. Hal ini dikatakan oleh Pimpinan BRI cabang Gorontalo Anang Subagyo saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang berlangsung di rumah jabatan gubernur, Selasa (10/10).

Anang mengatakan e-samsat merupakan salah satu terobosan yang baru diluncurkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, dimana membayar pajak kendaraan tahunan bisa dilakukan secara online dan bisa dibayarkan dimana saja, tidak perlu mengantri di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

“Jadi hari ini kami lakukan pertemuan dengan pak gubernur, memastikan ke bapak bahwa kami dari BRI siap berkomitmen untuk segera mewujudkan sistem e-samsat tersebut dengan fasilitasi penyempurnaan jaringan-jaringan yang diinginkan oleh Pemprov Gorontalo,” jelas Anang.

Lebih lanjut Anang memastikan proses penyelesaian sistem e-samsat ini akan segera di launching, mengingat sekarang pihak BRI sudah masuk dalam tahap penyelesaian surat menyurat, yang dalam artian seperti apa yang diinginkan oleh Pemprov Gorontalo yang sudah ada disposisi dari KPK bahwa di daerah digital ini wajib menggunakan sistem e-samsat.

“Secepatnya ini akan kita wujudkan karena ini juga memudahkan masyarakat untuk pembayaran pajak kendaraan, nanti sistemnya dibagi jadi tiga jenis pembayaran, satu yang berhubungan langsung dengan Teller outlet- outlet di BRI, yang kedua dengan menggunakan ATM, dan yang ketiga dengan menggunakan aplikasi di smartphone,” lanjutnya.

Terakhir Anang mengatakan jika e-samsat ini bisa segera diterapkan, maka Gorontalo akan menjadi provinsi yang pertama di Sulawesi selain pulau Jawa dan Bali yang telah menerapkan sistem e samsat tersebut. Sehingga nantinya Gorontalo punya akses yang luar biasa ke depan yang menjanjikan dan akan bisa menjadikan pilot project untuk pulau Sulawesi.

“Jadi ini amanah yang sungguh luar biasa. Tadi juga pak Gubernur menyatakan dukungannya. Beliau sangat antusias karena dengan adanya e-samsat ini bisa mewujudkan dan bisa memaksimalkan pendapatan daerah dan juga bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat untuk lebih percaya kecanggihan di daerah digital,” tutupnya.

Pewarta : Ecin

Foto        : Valen

Editor      : Asriani

190 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply