Pemprov Gorontalo – Pemkab Bonbol Sinergikan Program Pembangunan Daerah

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah), memaparkan program Pemprov Gorontalo pada rapat evaluasi program tahun 2018 dan sinergitas program pembangunan tahun 2019 dengan Pemkab Bone Bolango di auditorium Kantor Bupati Bone Bolango, Rabu (6/2/2019). (Foto : Haris – Humas)

KABUPATEN BONE BOLANGO, Humas – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menggelar rapat evaluasi program tahun 2018 dan sinergitas program pembangunan tahun 2019 bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, di auditorium Kantor Bupati Bone Bolango, Rabu (6/2/2019).

Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim dalam sambutannya mengutarakan, rapat evaluasi program bertujuan untuk mengkoordinasikan, mensinergikan, dan mensinkronisasikan program pembangunan baik yang didanai oleh APBD maupun APBN agar pelaksanaan program berjalan dengan lancar dan tetap sasaran.

Baca Juga :  Ini Daftar Kenaikan TKD PNS Pemprov Gorontalo 2018

“Tugas kita itu sama, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menekan inflasi, menurunkan angka kemiskinan, yang semuanya diharapkan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Rakyat Bone Bolango itu adalah rakyat Provinsi Gorontalo,” kata Wagub Idris Rahim.

Wagub menuturkan, alokasi anggaran melalui APBD Provinsi Gorontalo untuk kabupaten Bone Bolango pada tahun 2018 sebesar Rp30,1 miliar dan dana APBN sebesar Rp2,5 triliun. Idris menilai, pelaksanaan anggaran tersebut telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Pemkab Bone Bolango menurunkan angka kemiskinan sebesar 0,41 persen.

“Bone Bolango berhasil menurunkan angka kemiskinan dan menempati posisi kedua angka kemiskinan terendah di Provinsi Gorontalo yaitu sebesar 17,40 persen. Keberhasilan ini kita apresiasi bersama,” papar Idris.

Baca Juga :  Zudan Temui Satgas 115, Tindaklanjuti Izin Kapal Mina Maritim

Lebih lanjut Wakil Gubernur Gorontalo dua periode tersebut mengungkapkan, alokasi anggaran yang bersumber dari APBD Provinsi Gorontalo untuk Kabupaten Bone Bolango pada tahun 2019 meningkat menjadi Rp39 miliar. Idris berharap dengan peningkatan alokasi anggaran tersebut dapat mendukung pelaksanaan program strategis Pemkab Bone Bolango.

“Kita berharap angka kemiskinan Bone Bolango semakin menurun dan kesejahteraannya masyarakatnya semakin meningkat,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, dalam paparannya menyampaikan 16 program strategis yang diharapkan mendapat perhatian dan dukungan dari Pemprov Gorontalo. Program strategis tersebut di antaranya penanganan infrastruktur jalan di wilayah perbatasan Bone Bolango, pengembangan jaringan air bersih di wilayah pesisir, normalisasi sungai, penataan daerah wisata, penyediaan transportasi umum, serta pengembangan rumah sakit Tombulilato dan rumah sakit Toto Kabila.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Segara Bentuk Dinas Pariwisata

“Kami mohon dukungan Pemprov Gorontalo untuk pelaksanaan program strategis tersebut. Kami siap berkoordinasi dan bekerja sama, kami juga taat dan patuh pada Pemprov Gorontalo,” tandas Bupati Hamim Pou.

Pewarta : Haris

209 total views, 1 views today

author

Author: