Pemprov Gorontalo Lombakan Pengelolaan Air dan Sanitasi Desa

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo (lima kiri) foto bersama dengan Kadis PUPR Provinsi dan Kabupaten Kota pada Lomba Pemilihan BP-SPAMS terbaik tingkat Provinsi Gorontalo, Selasa (27/11/2018). Diharapkan melalui lomba ini dapat memotivasi BP-SMAPS untuk meningkatkan kinerja layanan pengelolaan air minum dan sanitasi di tingkat desa. (Foto: Nova-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Untuk mendorong pengelolaan air minum dan sanitasi masyarakat (Pamsimas) yang baik, Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas PUPR menggelar lomba Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BP-SPAMS), Selasa (27/11/2018).

Lomba diikuti oleh 15 BP-SPAMS desa di 5 kabupaten se Provinsi Gorontalo. Setiap kabupaten mengutus 5 BP-SPAMS yang dipandang terbaik pengelolaan air minum dan sanitasi di daerah masing-masing.

Baca Juga :  IDAH : Jangkauan Program PKK Untuk Kesejahteraan Keluarga dan Masyarakat

Sekda Provinsi Gorontalo Darda Daraba sangat mngapresiasi lomba tersebut. Menurutnya, pelayanan air minum dan sanitasi menjadi urusan wajib Pemerintah daerah sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

“Meskipun sudah dibentuk BP-SPAMS yang tersebar di masing-masing desa melalui program Pamsimas tetapi sampai dengan saat ini sarana air minum yang berfungsi dengan baik dari tahun 2008-2017 baru ada 214 desa. sarana air minum dan sanitasi yang berfungsi sebagian ada 60 desa, dan sarana yang tidak berfungsi 69 desa,” ungkapnya.

Lomba BP-SPAMS diharapkan dapat pemicu masyarakat dan pemerintah desa untuk memaksimalkan pengelolaan sarana air minum. Tujuannya masyarakat bisa akses 100 persen air minum dan 100 persen sanitasi layak.

Baca Juga :  Sikapi Pembakaran Bendera Tauhid, Ormas Islam Gorontalo Beri Pernyataan

“saya brharap BP-SPAMS bisa menjalin kerjasama dengan semua pihak dengan pemerintah maupun pihak swasta guna mewujudkan akses 100 persen air minum dan 100 persen sanitasi layak,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Provinsi Gorontalo, Handoyo Sugiarto mengatakan, lomba BP-SPAMS ini dilakukan beberapa tahapan kegiatan yakni dari pembentukan panitia lomba, penentuan tim juri, penyepakatan kriteria penilaian, penilaian lomba, penentuan 6 BP-SPAMS terbaik, presentasi 6 BP-SPAMS terbaik, penentuan juara dan terakhir penyerahan hadiah.

“Beberapa tahapan kegiatan sudah kita laksanakan dan hari ini adalah tahapan presentasi 6 BP-SPAMS terbaik sekaligus penentuan juara BP-SPAMS tingkat Provinsi Gorontalo,” ungkapnya.

Lomba tersebut merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bakti PU ke-73. Handoyo berharap bagi yang belum dinyatakan sebagai pemenang dapat terus menjaga motivasi untuk memberikan pelayanan air minum dan sanitasi masyarakat desa yang lebih baik.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Peringati Hari Bakti PU ke-73

Pewarta: Nova

Editor: Isam

284 total views, 1 views today

Berita Terkait

Pemprov Gorontalo Peringati Hari Bakti PU ke-73 Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat memberikan arahan pada peringatan Hari Bakti PU ke-73 yang berlangsung di halaman kantor Dinas...
Tags: