Pemprov Gorontalo Kerjasama Padat Karya dengan TNI-Polri

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Kapolda Gorontalo Brigjenpol Rachmat Fudail dan Pangdam XIII Merdeka Mayjen Ganip Warsito saat menandatangani nota kesepahaman pada karya bertempat di Hotel Peninsula, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (6/3). (Foto: Valen-Humas)

Manado, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggandeng TNI dan Polri untuk program padat karya di daerah. Kerjasama tersebut diseriusi dengan penandatangan nota kesepahaman antara Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan Panglima Kodam XIII Merdeka Mayjen Ganip Warsito dan Kapolda Gorontalo Brigjenpol Rachmat Fudail bertempat di Hotel Peninsula, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (6/3).

Ruang lingkup dalam nota kesepaham tersebut yakni perencanaan, prakondisi, persiapan lapangan, pelaksanaan, pengamanan serta pemantauan dan evaluasi. Bentuk kerjasama beragam di antaranya pembangunan fasilitas publik, infrastruktur jalan dan jembatan serta program penghijauan di daerah.

Baca Juga :  Sekdaprov Pimpin Rapat Matangkan Agenda Jelang Idul Fitri 

“Kita tadi MoU dengan TNI-Polri untuk program padat karya. Misalnya untuk pembangunan sekolah di daerah pelosok yang sulit diakses, jalan dan jembatan itu kita swakelola” terang Rusli kepada wartawan usai acara.

Keterlibatan TNI-Polri juga diharapkan dapat mensukseskan program penghijauan dan reboisasi hutan Gorontalo. Sebab Rusli menilai, program penanaman pohon tidak bisa hanya mengandalkan pihak swasta berdasarkan sistim proyek yang cendrung habis ditanam tapi tidak dirawat.

“Nah ini kita coba dengan menggandeng TNI-Polri. Jadi masing masing diberi lahan untuk ditanami pohon dan dirawat. Pola ini sudah kami mulai tahun lalu,” lanjutnya.

Selain penandatangan MoU, acara tersebut juga dirangkaikan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang turut dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Pengadilan Tinggi, Kepala BIN Daerah dan para pejabat di lingkungan Pemprov Gorontalo. Rapat tersebut membahas situasi Kamtibmas jelang Pilkada serentak, isu radikalisme dan terorisme, miras, narkoba dan kriminalitas lainnya.

Baca Juga :  Begini Caranya Sapi 1,5 Ton Diternak di Gorontalo

Pewarta: Nova

Editor: Isam

410 total views, 1 views today

author

Author: