Pemprov Gorontalo Gunakan Aplikasi SIMGAJI Untuk ASN

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Prof. Dr. Ir. Hj. Winarni Monoarfa, MS menandatangani nota kesepahaman bersama dengan Kepala Kantor PT Taspen Persero Cabang Gorontalo, Karim. Bertempat di ruang Dulohupo kantor Gubernurnan, Senin (30/10).

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa bersama kepala Kantor PT. Taspen cabang Gorontalo, Karim menandatangani Perjanjian Kerja sama Sistem Informasi Manajemen Gaji (SIMGAJI) yang berlangsung di ruang Dulohupa, Senin (30/10). Penandatangan tersebut disaksikan oleh pimpinan SKPD terkait. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut menandakan dimulainya penggunaan aplikasi tersebut untuk manajemen pengelolaan keuangan pengewai.

SIMGAJI adalah sistim aplikasi penggajian yang dibangun oleh PT Taspen yang berfungsi untuk pengelolaan data gaji PNS daerah pada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota. Aplikasi ini memiliki keunggulan karena data dapat diakses dan terintegrasi dengan unit kerja lain serta dapat menyajikan data secara akurat, tepat dan up to date..

Sekda mengapresiasi kerjasama ini yang menurutnya sangat membantu dalam hal pengelolaan administrasi keuangan pemerintah khususnya bagi pensiunan ASN. Ia berharap agar aplikasi SIMGAJI bisa segera disosialisasikan kepada aparatur di semua tingkatan.

Pelayanan kepada masyarakat sekarang dinilai sudah lebih baik dan inovasi-inovasi untuk mengembangkan sistem elektronik semakin besar. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi saat pertemuan dengan para kepala daerah beberapa waktu lalu.

“Aplikasi semacam ini sangat baik untuk mengeleminir atau mencegah terjadinya tindak korupsi dalam birokras. Dengan adanya kerja sama ini kita berharap ke depan kita lebih mengatur sistem belanja pegawai kita dengan sangat baik,” harap Winarni

Sementara itu Kepala Kantor PT. Taspen Cabang Gorontalo, Karim mengatakan aplikasi SIMGAJI sudah terintegrasi dengan sistem aplikasi di Badan Kepegawaian Nasional. Selain itu, data dari aplikasi juga sudah terkoneksi dengan data di Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan yang memudahkan Taspen untuk mempercepat klaim gaji ASN.

Manfaat lain dari SIMGAJI yakni menjadi sumber data yang dipergunakan untuk mengetahui batas sisa pensiun golongan dan tabel gaji terakhir pensiun. Hal itu menjadikan klaim gaji pensiunan menjadi lebih mudah.

“Klaim gaji pensiunan menjadi otomatis. Kita bahkan menjamin klaim tidak lebih dari satu jam. iKalau data kita nggak akurat dan update nggak mungkin kita bisa melayani secepat itu,” ujar Karim

Karim berharap dalam penandatangan kerjasama hari ini dapat membantu pemerintah dalam pengelolaan sesuai kebutuhan administrasi keuangan lebih mudah, transparan, cepat, serta akurat dengan memaksimalkan pemanfaatan data pegawai melalui pembuatan daftar gaji bulanan baik terpusat maupun pembagian. Saat ini tujuh pemda di wilayah kerja Taspen Gorontalo sudah menggunakan aplikasi tersebut.

Pewarta : Nova

Editor : Isam

Foto : Nova

108 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply