Pemprov Gorontalo Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

Gubernur Rusli Habibie bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Provinsi Gorontalo

 

GORONTALO – Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2017, Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar upacara bendera di halaman rumah jabatan Gubernur, Kamis (1/6). Hal ini sesuai instruski Presiden RI Joko Widodo, melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, yang telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Gubernur Rusli Habibie yang menjadi inspektur pada upacara tersebut saat membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan Pekan Pancasila adalah untuk menguatkan dan memperkenalkan kembali dasar-dasar Pancasila dan untuk menarik minat para generasi muda terhadap Pancasila.

“Sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Rusli.

Gubernur Rusli Habibie membubuhkan tanda tangan pada spanduk putih sebagai bentuk dukungan Gorontalo Cinta Pancasila

 

Lebih lanjut dikatakannya, kehidupan berbangsa dan bernegara selalu mengalami tantangan, yang senantiasa menguji kebhinekaan bangsa Indonesia. Ada pula pandangan dan tindakan yang selalu mengancam, serta sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila.

“Semua itu diperparah lagi oleh penyalahgunaan media sosial, oleh berita bohong, oleh ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan budaya bangsa kita,” ujar Gubernur.

Oleh karena itu, Presiden mengajak peran aktif para tokoh agama, pendidik, budayawan dan pelaku seni, para pelaku media, dan jajaran pemerintahan, TNI dan Polri, serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila.

“Pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan dan materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan Pancasila,” tandas Rusli mengakhiri sambutan Presiden.

Foto bersama usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila

 

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017 mengangkat tema ”Saya Indonesia, Saya Pancasila”. Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Provinsi Gorontalo diikuti oleh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, serta TNI dan Polri. Pelaksanaan upacara diakhiri dengan penampilan teatrikal tentang perjuangan pahlwan dalam merebut kemerdekaan dan mempertahankan Pancasila oleh siswa dan siswi SMA 3 Gorontalo Utara.

Pewarta : Mersin

Foto : Salman

Editor : Haris

157 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply