Pemprov Gorontalo Gelar Semarak Hardiknas 2018

Plh Sekretaris Daerah Weni Liputo saat memberikan arahan dan membuka Semarak Hardiknas yang digelar di Rumah Adat Dulohupa, Kota Gorontalo, Sabtu (21/4). (Foto: Nova-Humas).

Dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh tanggal 2 mei 2018 nanti, Unit pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan, Kemendikbud bersama Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo menggelar Semarak Hardiknas 2018 di Rumah adat Dulohupa Kota Gorontalo, Sabtu (21/4).

Kegiatan yang dibuka oleh Pelaksana haria (Plh) Sekretaris Daerah Weni Liputo ini dimulai tanggal 21 April 2018 hingga tujuh hari kedepan. Acara diisi dengan pameran dan bazar buku murah. Selain itu juga akan ada bincang publik, dan setiap malamnya akan diisi dengan pementasan kesenian daerah serta pemutaran film hasil produksi dari Kemendikbud.

Baca Juga :  Gubernur Canangkan Peringatan HUT Provinsi Gorontalo ke-17

Plh sekda mengatakan, sektor pendidikan tetap menjadi prioritas pemerintah Provinsi Gorontalo di bawah kepemimpinan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim. Pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah.

“Pendidikan ini menjadi lokomotif program-program dalam mewujudkan SDM Gorontalo yang unggul, berkarakter dan kompetitif untuk masa depan yang lebih baik,” ujar Weni liputo.

Weni menekankan, pendidikan Gorontalo dibangun tidak saja untuk hasil akademik yang baik, tapi juga pada karakter dan sikap yang baik. Tidak saja berorientasi hasil tapi pada proses pembinaan di sekolah, keluarga maupun lingkungan sekitar.

“Apa gunanya kita sekolahkan baik-baik, nilai matematikanya bagus atau nilai bahasa Indonesia 110, kemudian dia tidak mampu memanfaatkan ilmu yang dia peroleh,” imbuh mantan Kadis Dikbudpora itu.

Baca Juga :  Wakil Dubes Australia Sowan ke Gubernur Gorontalo

Sementara itu, Koordinator Pengawas Sekolah Usman Madina yang mewakili Kepala Dikbudpora Provinsi Gorontalo mengatakan semarak hardiknas Ini adalah waktu dan kesempatan anak-anak menunjukkan karakter dan kemampuan mereka sebagai buah dari proses pendidikan selama ini.

“Hal itu sejalan dengan Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2017 di mana pendidikan karakter merupakan sesuatu yang harus ditumbuh kembangkan,” jelas Usman.

Usman mengakui jika beberapa tahun terakhir semarak Hardiknas seolah-olah agak sedikit kendor dengan kurangnya kegiatan yg dilaksanakan. Beruntung tahun ini semarak Hardiknas krmbali digelar melalui UPT Pendidikan Kemendikbud.

Pewarta: Nova

Editor: Isam

281 total views, 2 views today

author

Author: