Pemprov Gorontalo Gelar Rapim Evaluasi Penyerapan Anggaran

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim memberikan arahan pada Rapim Evaluasi Penyerapan Anggaran Bulan Oktober 2018 di ruangan Dulohupa Gubernuran Gorontalo, Kamis (15/11). (Foto : Burhan – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Evaluasi Penyerapan Anggaran APBD tahun anggaran 2018. Rapim yang digelar di ruang Dulohupa kompleks Gubernuran Gorontalo, Kamis (15/11/2018), dipimpin oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim.

Dari paparan Kepala Biro Pengendalian Pembangunan dan Ekonomi (P2E) Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo, Wahyudin Katili, hingga Oktober 2018, realisasi fisik mencapai 81,66 persen jauh melampaui target sebesar 73,82 persen. Namun tidak demikian dengan realisasi keuangan yang merosot dari target 72,15 persen, dengan capain hanya sebesar 71,30 persen.

Baca Juga :  Wagub Gorontalo Jadi Narasumber Kampanye Aksi RB Nasional

“Ada 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah mampu melampaui target fisik, dan tersisa dua OPD yang belum mampu mencapai realisasi fisik yaitu Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat,” papar Wahyudin.

Masih dalam laporannya, Wahyudin menyebutkan ada 24 OPD yang telah mencapai target, sementara masih ada delapan OPD yang belum. Diantaranya, Dinas Pertanian, Dinas Lingkungan Hidup, Biro Pemerintahan, Dinas PU dan PR, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal, ESDM dan Transmigrasi, Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat, serta Dinas Kelautan dan Perikanan.

Menanggapi laporan tersebut, Wagub Idris Rahim menekankan OPD yang belum mencapai target, baik untuk realisasi fisik maupun keuangan, untuk segera memacu pelaksanaan program kegiatan mengingat tahun anggaran 2018 akan segera berakhir. Idris juga mengingatkan pentingnya untuk memperhatikan proses administrasi guna menghindari timbulnya permasalahan dikemudian hari.

Baca Juga :  Wagub Kukuhkan FKJP Provinsi Gorontalo

“Saya tekankan, cepat itu bagus, lelang lebih awal juga bagus, tetapi perhatikan tahapan dan administrasinya. Saya tekankan berulang-ulang, jangan melompat-lompat. Tolong dilihat sedetail mungkin, tidak hanya oleh Pejabat Tinggi Pratama tapi juga oleh Administrator,” tegas Wagub Idris Rahim.

Pewarta : Gina

Editor : Haris

133 total views, 1 views today

author

Author: