Pemprov Gorontalo Gelar Bakti Sosial Peringati HUT NKRI Jilid II

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie ( keenam dari kiri) didampingi Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah usai menyerahkan baznas di Kec. Tilongkabila Kab. Bone Bolango, Senin (14/5/2018). (foto : Salman – Humas)

BONE BOLANGO, Humas – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah meresmikan Toko Tani Indonesia yang dirangkaikan dengan bakti sosial dalam rangka satu tahun NKRI jilid kedua di Desa Iloheluma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, Senin (14/5/2018).

Dihadapan masyarakat gubernur menjelaskan sunatan dan pengobatan massal berjalan terus, bahkan untuk pembagian sembako akan berlangsung hingga usai masa jabatannya.

” Sampai Tahun 2022, saya sudah mencanangkan anggarannya untuk seluruh masyarakat Gorontalo,” jelas Rusli yang disambut tepuk tangan meriah masyarakat yang hadir.

Baca Juga :  Wagub Resmikan Toko Tani Indonesia Center-Gorontalo

Ketua DPD Golkar Provinsi Gorontalo ini juga kembali mengingatkan masyarakat tentang pesta demokrasi pada tahun 2019 dimana ada 5 pemilihan yaitu presiden, wakil presiden, DPR, DPD, dan DPRD.

Sementara itu panitia kegiatan Moh. Ridwan Nadjamuddin, Kabid Ketersediaan Pangan Dinas Pangan melaporkan, toko tani yang diresmikan pada kesempatan tersebut merupakan toko tani kelima hasil pengembangan dari Gapoktan Mawar Jaya Lestari .

Ridwan menjelaskan, gapoktan ini mendapatkan bantuan pengembangan usaha masyarakat pada tahun 2012.

” Pada Tahun 2012, gapoktan ini mendapatkan bantuan Rp225 juta dimana dana sejumlah Rp175 juta yang dikelola untuk pembelian gabah dan jagung di tingkat petani saat ini telah berkembang hingga Rp235 juta. Saat ini total aset dan modal gapoktan Mawar Jaya Lestari mencapai kurang lebih Rp1 milyar,” urai Ridwan.

Baca Juga :  KPK Bentuk Komite Advokasi Daerah Provinsi Gorontalo

Menurut Ridwan, dari seluruh gapoktan yang ada, baru gapoktan Mawar Jaya Lestari yang sudah mengembangkan 5 toko tani, sementara yang lain baru mencapai 2 toko tani.

Ia juga menambahkan selain peresmian toko tani ini, Dinas pangan juga melakukan apel siaga toko tani yang dihadiri 12 gapoktan dengan menggunakan armada toko tani mobile sejumlah 11 unit mobil operasional.

Dalam bakti sosial tersebut, Rusli menyerahkan bantuan baznas untuk 1000 orang dengan jumlah Rp100 ribu untuk tiap orang. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan kepada 6 orang warga dari 3 desa di Kecamatan Tilongkabila.

Selain bantuan baznas juga diadakan bazar murah berupa ikan 400 paket, beras 3000 kg, gula 300 Kg, minyak goreng 360 liter, telur 100 bak, cabe 150 kg, bawang merah 100 kg, bawang putih 50 kg, serta tomat 50 kg. Semua harga sembako yang dijual dalam bazar tersebut merupakan harga di bawah pasar atau mendapatkan subsidi Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Baca Juga :  Pemprov Gorontalo Dukung Aktivitas Pemuda Lestarikan Budaya Islami

Pewarta/editor : Asriani

180 total views, 1 views today

author

Author: