Pemprov Gorontalo Gandeng PKK Sebar 150000 Bibit Cabe

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Kamis (8/3). Perjanjian tersebut terkait dengan pembagian 150000 bibit cabe rawit gratis kepada para kader PKK hingga tingkat kecamatan dan desa. (Foto: Burhan-Humas)

Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Pertanian akan menyebar 150.000 bibit cabe rawit diseluruh kabupaten/kota. Untuk memuluskan rencana tersebut, Dinas Pertanian menggandeng seluruh kader-kader PKK dari tingkat provinsi hingga ke kecamatan dan desa.

Hal itu ditindaklanjuti dengan penandatangan kerjasama antara Kadis Pertanian Muljady Mario yang diwakili Sekretarisnya Reliyanto Mamonto dengan Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah bertempat di Grand Palace Convention Center, Kamis (8/3).

“Sengaja kami pilih cabe rawit karena ini komoditi yang mudah ditanam dan menjadi kebutuhan harian rumah tangga,” kata Idah yang juga istri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Untuk mendukung program tersebut, Idah akan memanfaatkan lahan pekarangan percontohan yang dikelola oleh PKK di kecamatan dan desa. Selain itu, ia mengajak agar ibu-ibu di Gorontalo giat membudidayakan cabe di lahan pekarangan sendiri.

“Orang Gorontalo punya kebiasan makan yang pedas-pedas. Di sisi lain, harga cabe di pasar cukup fluktuatif. Kadang murah kadang harganya melonjak tinggi. Makanya dengan program ini diharapkan setiap kita mampu memenuhi kebutuhan cabe dengan menanam sendiri di rumah,” imbuhnya.

Sebagai salah satu komoditi utama di daerah, Idah menyebut jika cabe rawit cukup potensial untuk menambah perekonomian warga. Asalkan budidaya dan perawatannya dikelola dengan baik dan profesional.

Burhan/Isam/Humas

136 total views, 1 views today

author

Author: