Pemprov Gorontalo Gagas Kerja Sama Dengan UII Yogyakarta

Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie (kanan) bersama Rektor UII, Nandang Sutrisno, menunjukkan naskah kesepakatan kerja sama antara Pemprov Gorontalo dan UII, di gedung Rektorat UII Yogyakarta, Senin (9/4)

YOGYAKARTA – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggagas kerja sama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Gubernur Gorontalo H. Rusli Habibie dengan Rektor UII Nandang Sutrisno di gedung Rektorat UII, Yogyakarta, Senin (9/4).

Kerja sama antara Pemprov Gorontalo dan UII dalam rangka pengembangan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan. Melalui kesepakatan itu UII menjadi salah satu perguruan tinggi yang dapat menampung mahasiswa asal Gorontalo dengan jurusan yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah. Hal ini dimaksudkan agar sekembalinya ke daerah, alumni UUI diharapkan mampu mengangkat dan mengelola berbagai potensi daerah tanpa harus berharap untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Baca Juga :  Ini Daftar Pejabat Administrator dan Pengawas yang Dilantik

“Kami akan memberikan beasiswa kepada putra putri Gorontalo yang akan melanjutkan ke UII, tetapi jurusannya kita sesuaikan dengan kebutuhan daerah. Dengan harapan mereka tidak berpikir untuk menjadi pegawai negeri sipil,” urai Gubernur Rusli Habibie pada dialog yang digelar usai penandatanganan kerja sama tersebut.

Lebih lanjut Gubernur dua periode ini juga tertarik dengan program Hafidz Qur’an yang dikembangkan oleh UII untuk setiap mahasiswanya. Bahkan Rusli mengutarakan niatnya untuk membantu program tersebut.

“Program Hafidz Qur’an ini sangat berkolerasi dengan Gorontalo sebagai Serambi Madinah. Kami siap mendukung pembiayaan program Hafidz ini,” ujar Rusli.

Sebagai aktualisasi dari kerja sama tersebut, Rektor UII menawarkan untuk melakukan fasilitasi ujicoba penerimaan mahasiswa baru melalui jalur online. Tawaran itu langsung disambut baik oleh Gubernur yang langsung menginstruksikan Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo menindaklanjutinya dengan melakukan sosialisasi ke sekolah.

Baca Juga :  Zudan Dorong Kepatuhan Wajib Pajak Masyarakat Gorontalo

“Pak Kadis, tolong segera disiapkan besok suratnya, jangan terlalu lama. Saya dengan pak Rektor sepakat, bukan sebagai pengoleksi naskah MoU tapi terdepan dalam implementasinya,” tegas Rusli.

UII adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Yogyakarta dengan akreditasi universitas A. Universitas ini menyelenggarakan program pendidikan dari jenjang diploma, strata 1, strata 2, hingga doktoral. UII juga termasuk salah satu perguruan tinggi swasta yang terdepan dalam penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Valen

554 total views, 1 views today

author

Author: