Pemprov Gorontalo Fokus Program Pariwisata Jadi Prioritas Nasional

Suasana rapat persiapan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Wilayah II yang berlangsung di Kantor Bappeda, Jumat (2/3). (Foto: Valen-Humas).

 

Dari 2600 program yang diusulkan menjadi prioritas nasional tahun 2019, Pemprov Gorontalo fokus pada program pariwisata sebagai satu dari delapan program prioritas pemerintah daerah. Diharapkan sektor ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada perekonomian Gorontalo.

“Semua yang kita usulkan sebenarnya adalah program yang masuk dalam 8 program unggulan Pak Gubernur dan juga pak Wagub. Akan tetapi yang paling banyak kita usulkan adalah pengelolaan pariwisata. Pariwisata kita utamakan karena majunya destinasi wisata bisa meningkatkan tingkat ekonomi di daerah,” ungkap Sekdaprov Winarni Monoarfa, saat memimpin rapat persiapan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Nasional Wilayah II di Kantor Bappeda, Jumat (2/3).

Baca Juga :  Ketua TP-PKK Gorontalo Dukung LPP Sweet Media Berdayakan Perempuan

Ada beberapa yang menjadi usulan dibidang pariwisata di antaranya Pengembangan obyek wisata taman laut Olele , pemandian air panas Lombongo, wisata pantai Biluhu, wisata museum pendaratan Soekarno, wisata Pentadio Resort dan masih banyak lagi.

“Kita menargetkan peningkatan kunjungan wisatawan asing. Tahun kemarin saja untuk Pulo Cinta dan wisata hius paus mampu meningkatkan kunjungan wisman secara signifikan. ini yang mendorong kita untuk meyakinkan pemerintah pusat agar bisa membantu pengelolaan pariwisata,” jelasnya.

Hingga tahun 2018 ini, sudah ada beberapa program di Provinsi Gorontalo yang masuk menjadi prioritas nasional di antaranya pembangunan jalan lingkar luar Gorontalo atau Gorontalo Outer Ring Road (GORR), proyek revitalisasi danau Limboto, pembangunan Waduk Bulango Ulu dan irigasi Randangan.

Baca Juga :  Akses Jalan Biluhu Terus Dipacu

Provinsi Gorontalo sendiri pada Rakortek Wilayah II akan bersaing dengan 17 provinsi untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat. Rakortek rencananya akan digelar tanggal 5 -9 Maret 2018 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Pewarta: Ecyhin

Editor: Isam

225 total views, 1 views today

author

Author: