Pemprov Gorontalo Dukung Masjid Hunto Jadi Destinasi Wisata Religi

Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo mendukung sepenuhnya upaya takmirul masjid Hunto-Sultan Amai untuk menjadikan masjid tersebut sebagai salah satu destinasi wisata religi di Provinsi Gorontalo.
Hal ini disampaikan Wagub Idris Rahim pada sambutannya disela-sela pelaksanaan shalat tarwih malam ke-19 ramadhan, Kamis (23/6).
“Membangun masjid ini menjadi kawasan religi Hunto-Sultan Amai bukanlah perkara mudah, semudah membalikan telapak tangan.
Meski demikian secara bertahap pemerintah bersama takmirul, jamaah dan masyarakat di sekitar masjid akan bahu membahu membangun masjid Hunto karena masjid ini adalah ikon Provinsi Gorontalo,” ujar Idris.
Lebih lanjut Wagub Idris Rahim mengajak seluruh jamaah masjid Hunto-Sultan Amai untuk terus memakmurkan masjid, khususnya pada akhir-akhir ramadhan.
Ditengah intensitas kesibukan masyarakat yang semakin tinggi jelang Idul Fitri, Idris mengingatkan seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo untuk tetap fokus pada pelaksanaan ibadah, membangun silaturrahim antara sesama, serta menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.
“Mari kita makmurkan terus masjid ini, dan juga kita jaga keamanan dan ketertiban lingkungan,” pesan Wagub Idris Rahim yang pada kesempatan itu juga menyerahkan bantuan sebesar 10 juta rupiah untuk operasionalisasi masjid dan juga bantuan sarung untuk para petugas shalat.
Sementara itu Ketua Takmirul masjid Hunto-Sultan Amai, H. Syamsuri Kaluku menjelaskan, pembangunan masjid yang telah berusia kurang lebih 5 abad dan menjadi simbol masuknya Islam ke Gorontalo, tidak akan merubah secara total konsep dan ciri khas bangunan masjid.
¬†“Kita justru akan memperkuat apa yang menjadi ciri khas dan sejarah masjid ini,” ujarnya.
 Syamsuri menambahkan, selama ini masjid Hunto-Sultan Amai banyak didatangi oleh pengunjung dari dalam dan luar negeri, baik untuk mempelajari dan meneliti sejarah masuknya Islam ke Gorontalo maupun sekedar berwisata religi dan menunaikan ibadah di masjid yang menjadi sentral atau pusat penyebaran agama Islam di Gorontalo.
“Dengan perhatian dari Pemprov Gorontalo, mudah-mudahan kita bisa segera merealisasikan kawasan religi Hunto-Sultan Amai,” pungkasnya.

302 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply