Pemprov Gorontalo Berencana Bangun SPAM Regional

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) saat diwawancarai wartawan usai menghadiri Rapat Paripurna HUT ke-291 Kota Gorontalo yang berlangsung di Gedung DPRD, Selasa (19/3/2019). Salah satu pemaparan gubernur yakni rencana pembangunan SPAM Regional untuk kebutuhan air bersih di tiga daerah yakni Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango. (Foto: Salman-Humas).

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo berencana membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional. SPAM yang memanfaatkan aliran sungai Bone dan sungai Bulango itu untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

“Pak Sekda sedang membuat draft MoU antara Pemprov, Pemkot Gorontalo, Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo. Alhamdulillah saya berhasil meyakinkan pusat untuk membangun SPAM Regional. Anggaran sudah ada kurang lebih Rp51 miliar untuk DED-nya (detail engineering desain),” ucap Rusli saat memberi sambutan pada Sidang Paripurna HUT ke-291 Kota Gorontalo, Selasa (19/3/2019).

Baca Juga :  Lomba Pacuan Kuda

Lebih lanjut Gubernur Rusli menjelaskan, SPAM Regional berfungsi untuk menampung air sungai untuk didistribusi ke PDAM-PDAM yang ada. Selanjutnya PDAM kabupaten/kota yang bertugas untuk mendistribusikan air bersih kepada masyarakat.

“Jadi SPAM Regional itu fungsinya hanya mensupport PDAM-PDAM yang ada untuk menyiapkan dan menjual bahan baku air. Bukan untuk mengganti peran PDAM. PDAM di tiga daerah tetap ada untuk sambungan ke rumah rumah dan menarik iuran dari masyarakat,” terangnya.

Rusli berharap kehadiran SPAM Regional bisa mengatasi kriris air bersih yang ada di masyarakat. Ia menilai potensi air dari Sungai Bone dan Sungai Bulango masih cukup besar yakni mampu menghasilkan 25 liter per detik di saat musim kering.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo: Bangunkan Saya Kalo Urusan Mendesak

Pewarta: Isam

228 total views, 1 views today

Tags: