Pemprov Gelar Adat Mopobonelo

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar upacara adat Mopobonelo yaitu adat penjemputan kembali Gubernur terpilih.

Adat ini dilaksanakan kepada Rusli Habibie bersama Ibu Idah Syaidah Rusli Habibie yang menempati kembali Rumah Jabatan Gubernur Gorontalo, Sabtu (20/5).

Prosesi ini , kata Karim Pateda untuk mendudukan kembali pak Rusli dalam kapasitasnya kembali sebagai pimpinan daerah dan juga sebagai Ta’ua.

“Karena memang pak gubernur sudah memiliki gelar adat Pulanga jadi disebut Ta’ua. Prosesi ini hanya mendudukkan kembali beliau sebagai pimpinan dan ibu sebagai mbui (Red – Ibu Gubernur),” kata Karim selaku kepala pemangku adat Provinsi Gorontalo.

Karim menambahkan, prosesi adat ini tak hanya bagi pejabat yang akan menduduki jabatannya, tapi juga pejabat yang baru berkunjung ke Gorontalo. Semua proses adat yang dijalankan ini bermakna doa atau syukuran.

“Jadi doa syukuran tersebut bukan untuk pribadi kepada pejabat, tetapi doa untuk daerah dan menjaga kenyamanan Gorontalo,” tuturnya.

Gubernur Gorontalo terpilih Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim merupakan pasangan petahana, resmi memimpin Provinsi Gorontalo usai dilantik Presiden Joko Widodo di Jakarta pada 12 Mei 2017 lalu.

Pewarta : Ecin

Foto.       : Salman

Editor.     : Asriani

155 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply