Pemprov-BWS Gelar Sosialisasi Waduk Bulango Ulu

GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama Balai Wilayah Sungai Sulawesi II mulai melakukan pendekatan langsung kepada masyarakat terkait rencana pembangunan waduk Bulango Ulu.  Pendekatan dalam bentuk pra sosialisasi ini dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, unsur Forkopimda, Wabub Bone Bolango, anggota DPRD, bersama puluhan masyrakat Bulango Ulu yang digelar di rumah makan Meranti, Selasa malam (24/10).

Pra sosialisasi ini berlangsung dengan suasana yang tegang. Warga Bulango Hulu tegas menyatakan menolak karena tidak pernah diberi informasi yang jelas tentang rencana pembangun waduk oleh BWS Sulawesi II sebagai instansi teknis pelaksana pekerjaan. Gubernur Rusli Habibie pun harus turun langsung untuk menenangkan warga dan memberi penjelasan secara rinci.

“Untuk itu kenapa malam ini kami dari pihak pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten Bone Bolango, mengadakan rapat dan mengundang bapak ibu sekalian sebagai masyarakat yang berlokasi di wilayah waduk Bulango Ulu. Saya minta pihak BWS menjelaskan sejelas jelasnya apa ini waduk, bagaimana pembangunannya, apa maanfaat dan yang paling penting bagaimana nasib warga di Bulango Ulu nanti,” buka Rusli dalam sambutannya.

Warga rata rata mempersoalkan sikap BWS yang dinilai tertutup terkait rencana pembangunan waduk. Selain data penggunaan lahan yang berubah ubah, warga setempat juga mengeluhkan tentang tidak adanya penjelasan mengenai mekanisme ganti rugi warga yang akan berdampak.

“Jadi pembangunan ini baru pada tahap Amdal. Untuk menjawab bagaimana proses ganti rugi ada yang namanya Larap (studi pengadaan tanah). Setiap meter tanah bapak/ibu yang terkena pembangunan akan diganti. Begitu juga dengan rumah, pohon, sawah, kebun dll. Bahkan untuk tunjangan juga semua akan diperhitungkan,” jelas Rusli.

Rusli meminta semua pihak agar tetap tenang menyikapi rencana pembangunan waduk ini. Menurutnya, pembangunan waduk Bulango Ulu wajib untuk didukung karena sudah menjadi program strategis nasional. Selain itu, manfaat dari waduk sangat besar yakni untuk mencegah banjir, sistim pengairan sawah dan manfaat lainnya.

Pembangunan waduk Bulango Ulu merupakan satu dari 245 proyek yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 58 Tahun 2017. Waduk yang menjadi satu dari 49 waduk nasional ini rencananya akan menelan lahan warga seluas lebih dari 6000 Hektar dengan 1900 warga Bulango Ulu yang akan berdampak.

Pewarta : Ecyhin

Editor : Isam

Foto : Salman

154 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply