Pemprov Akan Ramaikan Perayaan Idul Fitri Dengan Ragam Kegiatan

Sekdaprov Winarni Monoarfa memimpin rapat persiapan berbagai kegiatan dalam rangka meramaikan Ramadhan dan perayaan Idul Fitri.

GORONTALO – Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H dan Lebaran Ketupat, Pemerintah Provinsi Gorontalo akan menggelar berbagai kegiatan mulai dari Festival Beduk, Festival Tumbilotohe, Gebyar Ketupat dan Pacuan Kuda.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa, saat memimpin rapat pembahasan kegiatan tersebut dengan seluruh pimpinan SKPD dilingkungan Pemprov Gorontalo,  Senin (5/6), di ruang Huyula Kantor Gubernur.

Winarni mengatakan, Tumbilotohe merupakan tradisi masyarakat Gorontalo pada tiga malam terakhir dibulan Ramadhan, festival beduk merupakan kegiatan menyemarakkan bulan Ramadhan, gebyar ketupat dan pacuan kuda dilaksanakan  menyemarakkan idul fitri dan lebaran ketupat.

“Seperti tahun sebelumnya ini sudah menjadi kegiatan rutin pemerintah provinsi, tapi kita belum memutuskan sejumlah tempat yang akan menjadi titik pelaksanaan kegiatan tersebut”, jelas sekda.

Menurut Winarni, kepastian tempat kegiatan akan diputuskan seminggu sebelum  lebaran dan rapat ini masih merupakan rapat  pembentukan panitia dimana semua SKPD turut berperan dalam berbagai kegiatan tersebut.

Selain tempat pelaksanaan, persoalan dana untuk penyelenggaraan beberapa kegiatan ini juga dibahas yang nantinya  dianggarkan pada beberapa SKPD yang akan ditunjuk sebagai koordinator acara.

“Festival Beduk kita sudah anggarkan kurang lebih Rp13,5 juta karena nanti akan ada lomba untuk beberapa kategori, untuk festival tumbilotohe anggarannya sebesar Rp162 juta dengan penyediaan 18.000 liter minyak tanah, dan untuk gebyar ketupat dan pacuan kuda sudah kita anggarkan Rp200 juta,yang masing-masing akan menjadi tanggungan SKPD tim koordinasi,” jelasnya.

Sekda meminta agar semua kegiatan ini bisa disosialisasikan melalui media massa baik cetak, tv maupun radio agar pelaksanaannya nanti sudah bisa diketahui oleh seluruh masyarakat Gorontalo.

“Untuk festival beduk itu dilombakkan, jadi nanti bisa diumumkan kapan mulai pendaftarannya agar masyarakat bisa tahu. Jadi saya harapkan kepada Karo Humas untuk mensosialisasikan ini di media massa,” tandas Winarni.

Pewarta/Foto : Ecin

Editor.            : Asriani

244 total views, 2 views today

author

Author: 

Leave a Reply