Pemprov Akan Libatkan Para Profesional Untuk Tangani SDGs

 

JAKARTA – Pemerintah Gorontalo membuktikan komitmen dan keseriusan dalam melaksanakan tujuan pembangunan berkelanjutan  atau Sustainable Development Goals (SDGs) di  daerah.  Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa yang didampingi Bappeda Provinsi Gorontalo menemui tim leader Sekretariat SDGs Bappenas RI, Dr. Nina Sardjunani di Kantor SDGs Wisma Bakri , Jumat (29/9).

Sekda melalui Sulastri Husain, Kabid Sarana Prasarana Wilayah Bappeda yang dihubungi via telepon usai  pertemuan mengatakan,  koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari rapat SDGs di Gorontalo baru-baru ini dengan leader sekretariat SDGs Bappenas RI mengenai adanya Perpres nomor 58 tahun 2017. Untuk SDGs di daerah kita diharapkan menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) melalui sekretariat.

“Kita harus segera menyelesaikan RAD SDGs sesuai dengan Perpres nomor 58 tahun 2017. Terkait dengan itu ada 17 tujuan SDGs yang harus segera disusun dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) SDGs yang harus selesai pada tanggal  10 juli 2018,” ungkap Sulastri.

Menurutnya, untuk membuat Rencana Aksi Daerah sebagaimana yang diamanahkan oleh kepres tentang SDGs, awalnya harus membentuk sekretariat dengan beberapa tenaga ahli yang dibagi dalam empat pokja yakni pokja lingkungan, pokja  ekonomi, pokja sosial, dan pokja tata kelola.

“Tenaga ahli yang ada dalam pokja ini harus benar-benar yang kompeten dan profesional dan bukan sebagai  pegawai negeri sipil (PNS). Untuk penanggung jawabnya  adalah SKPD,” tandas Sulastri.

Pewarta : Nova/Anie

Foto        : Alvon

Editor      : Asriani

140 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply