Pemkot Gorontalo Gelar Festival Otanaha

Gorontalo – Meramaikan kegiatan pariwisata Gorontalo, Pemerintah Kota Gorontalo kembali mengadakan Festival pesona benteng otanaha. Ini adalah festival otanaha yang ketiga kalinya diadakan oleh Pemkot Gorontalo.

Plh Sekdaprov Gorontalo Huzairin Roham, saat membuka Pesona Festival Otanaha, yang berlangsung di lapangan objek wisata cagar budaya Benteng Otanaha di Kelurahan Dembe 1, Kota Gorontalo, Sabtu (6/5), memberi apresiasi yang tinggi untuk kegiatan ini.

“Atas nama Pemerintah Provinsi, saya mengapresiasi pelaksanaan festival ini. Festival ini adalah ajang untuk mempromosikan potensi-potensi yang dimiliki Gorontalo antara lain dari sektor pariwisata dan budaya Gorontalo keluar daerah atau bahkan ke mancanegara,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Gorontalo Marten Taha mengungkapkan, sektor pariwisata memegang peran penting dalam meningkatkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pendapatan warga. Untuk itu kedatangan para wisatawan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Lewat kegiatan ini diharapkan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam dari Benteng Otanaha dan beragam kegiatan yang sudah kami siapkan,” ungkapnya.

Pihak panitia yang juga Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Gorontalo, Irwan Hamzah, mengatakan festival tersebut akan menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya daerah, olahraga dan kuliner Gorontalo.

“Festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Gorontalo, secara lokal, regional dan internasional untuk meningkatkan kunjungan wisatawan serta pendapatan masyarakat di Provinsi Gorontalo,” kata Hamzah.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada festival otanaha tesebut antara lain, lomba lari 10 km, karnaval budaya nusantara, lomba kesenian daerah nusantara, tarian tradisional dan tarian kreasi daerah.

Selain itu digelar juga lomba lagu pop, lomba kuliner daerah dan ekonomi kreatif, pemilihan Putra-Putri Otanaha, dialog Benteng Otanaha dan lomba fotografi. Festival ini berlangsung dari tanggal 6-10 Me- 2017.

Pewarta : Mersin Haji

Fotografer : Mersin Haji

Editor : Asriani

 

193 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply