Pemerintah New Zealand Dukung Pembangunan Gudang PMI Gorontalo

Mr. Paul Wells Green dari pihak Beca Internasional saat memberikan sambutan dalam kunjungannya ke Kantor Pusat PMI Gorontalo

GORONTALO – Satu keberuntungan untuk PMI Provinsi Gorontalo yang terpilih menjadi salah satu dari 11 lokasi pembangunan gudang baru PMI untuk wilayah kawasan timur Indonesia.

Menurut Mr. Paul Wells Green dari Beca International Consultant New Zealand saat diwawancarai usai penyerahan dokumen sertifikat pembangunan gudang baru PMI Provinsi Gorontalo, Selasa (29/8) di Kantor Pusat PMI Prov. Gorontalo mengatakan, pemilihan Gorontalo sebagai salah satu lokasi gudang baru PMI karena letak Gorontalo yang strategis.

” Pemilihan lokasi ini karena Gorontalo termasuk dalam lokasi strategis, mencakup wilayah yang luas, keluar masuk kapal yang mudah, sehingga jika terjadi bencana akan mudah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,” jelas Green.

Baca Juga :  Pj. Sekda Hadiri Konsolidasi Penyiapan RPJMD 2019-2023

Green menjelaskan tahapan persiapan pembangunan ini akan memakan waktu 1 tahun yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan pemeriksaan untuk menghasilkan penyusunan rancangan untuk pembagunan fasilitas ini hingga penandatangan kontrak dan selanjutnya dari pihak Beca international consultant akan terlibat dalam proses observasi.

” Kami juga akan melibatkan New Zealand Red Cross untuk membantu dalam proyek ini,” ungkap Green.

Green yang menjadi perwakilan Beca International Consultant  serta mewakili Pemerintah dan warga negara New Zealand merasa sangat bangga bergabung dan menjadi bagian dari project ini.

” Sejauh ini, project yang berkaitan dengan PMI, saya menganggap bahwa PMI adalah sebuah organisasi yang profesional. Saya yakin PMI sangatlah dihormati oleh seluruh warga Indonesia atas kerja keras mereka dalam keterlibatan atas suatu bencana,” kata Green.

Baca Juga :  Kirab Nusantara Masuk Calender Event Pariwisata

Sesuai penjelasan Green, pihak Beca Internasional  akan  membangun kerja sama dengan PMI dan New Zealand Red Cross (Palang Merah New Zealand) untuk pembagunan fasilitas gudang penyimpanan  ini khususnya yang berkaitan dengan pemenuhan beberapa kebutuhan logistik untuk fasilitas penyimpanan ini.

“Sasaran dari pembagunan fasilitas ini tidak lain bertujuan untuk penyimpanan persediaan dalam hal menghadapi bencana yang akan terjadi, sehingga akan menjadi peluang bagi PMI untuk bertindak cepat ketika terjadi bencana,” urai Green.

Pihak Beca Internasional dan Beca Indonesia akan mengirimkan beberapa tim khusus untuk meninjau proses pembagunan fasilitas ini dan mengumpulkan beberapa informasi  yang diperlukan untuk rancangan pembangunan selanjutnya.

“Saya berharap PMI Indonesia dapat berkunjung ke New Zealand untuk menjalin kerja sama yang lebih erat dengan Palang merah dari New Zealand,” pungkas Green.

Baca Juga :  Ranperda RPJMD Gorontalo 2017-2022 Disahkan, Target Penurunan Angka Kemiskinan 2,94 Persen

Pewarta/Editor : Asriani

Foto                     : Gusti

351 total views, 1 views today

author

Author: