Pembinaan Camat dan Lurah, Wagub Soroti Ketidakhadiran Hingga Hewan Lepas

Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah), berbincang dengan para camat dan lurah

GORONTALO – Ketidakhadiran sebagian camat dan lurah pada kegiatan pembinaan yang dirangkaikan dengan penyerahan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) serta penyerahan piagam dan trofi kepada pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Gorontalo, yang digelar di Belle Li Mbui, Senin (31/7), mendapat sorotan dari Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim.

“Masih ada sebagian camat dan lurah penerima TKD yang tidak hadir pada kegiatan pembinaan ini. Kedepan, kegiatan pembinaan harus dibuat terpisah dari penyerahan TKD, yang hadir pada pembinaan, itu saja yang kita bayarkan TKD-nya,” tegas Idris.

Idris menekankan, pemberian TKD harus bisa memotivasi para camat dan lurah dalam meningkatkan kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai aparatur dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan.

“Kalau camat dan lurah hanya melakukan tugas yang rutin-rutin saja, tidak perlu diberi TKD,” ujar Wagub.

Lebih lanjut dihadapan para camat dan lurah, Wagub menyoroti pula maraknya hewan ternak yang lepas dan berkeliaran di jalanan. Menurutnya, hal ini menjadi bagian dari tugas dan tanggung jawab camat dan lurah untuk menciptakan ketertiban lingkungan secara menyeluruh.

“Ketika saya dari kantor Gubernur menuju ke Belle Li Mbui ini, sempat dua kali mobil terhenti karena terhalang oleh gerombolan sapi. Bagaimana jika ada tamu dari luar yang kendaraannya terhenti karena gerombolan sapi?? Pasti akan merusak citra dan nama baik daerah kita,” ungkapnya.

Oleh karena itu Idris berharap, camat dan lurah tidak terjebak pada tugas-tugas rutinitas. Sebaliknya, Idris meminta camat dan lurah mampu berinovasi dan berkreasi, serta meningkatkan konsultasi, koordinasi, dan komunikasi, dalam rangka melindungi, melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

Pada kesempatan itu selain menyerahkan TKD secara simbolis kepada camat dan lurah, Wagub Idris Rahim juga menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Gorontalo. Pemenang untuk kategori desa diraih oleh desa Huntu Barat Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango. Sedangkan untuk kategori kelurahan diraih oleh Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo. Desa dan kelurahan tersebut nantinya akan mewakili Provinsi Gorontalo pada lomba desa dan kelurahan tingkat regional.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

119 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply