Pembangunan Jembatan Buhu Diswakelola ke TNI

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kemeja putih) saat meninjau sungai Alopohu di Desa Buhu Kec. Tibawa Kab. Gorontalo, Kamis (12/7/2018). (Foto: Salman-Humas).

KAB. GORONTALO, Humas – Perbaikan jembatan Buhu di sungai Alopohu rencananya akan diswakelola ke TNI melalui Korem 133/Nani Wartabone. Pasalnya perbaikan jembatan yang terletak di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo yang menjadi kewenangan Pemkab Gorontalo tak kunjung dibangun kembali.

Kepastian itu diperoleh saat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan jajarannya meninjau langsung ke lokasi, Kamis (12/7/2018).

“Ada upaya pak gubernur bekerjasama dengan TNI dalam hal ini Korem untuk melaksanakan pekerjaan dengan membuat kembali jembatan bailey yang lebih besar dengan bentang 30 Meter,” kata Kadis PU-PR Handoyo.

Dikarenakan jembatan ini merupakan kewenangan kabupaten, maka pemprov hanya mengambil bagian pada pembangunan jembatan sementara dengan konstruksi bailey atau jembatan baja ringan.

Diharapkan pembangunan itu sudah bisa membuka akses dua desa yang terputus yakni desa Buhu dan Iloponu.Handoyo menaksir pembangunan jembatan itu membutuhkan anggaran 1 Milyar Rupiah yang nantinya akan dianggarkan pada APBD Perubahan 2018 nanti.

“Kita akan konsolidasi dengan pak Danrrem kemudian setelah APBD Perubahan maka jembatan bailey ini kita bangun lagi. Kita akan berkoordinasi dengan pihak kabupaten juga karena ini merupakan kewenangan mereka, tapi karena bencana alam maka kita membantu,” imbuhnya.

Jembatan yang menghubungkan desa Buhu dan Iloponu itu sebelumnya dua kali diterjang banjir. Banjir pertama terjadi tanggal 24 Desember lalu yang menyebabkan pondasi jembatan bergeser. Banjir susulan yang terjadi 9 Januari membuat jembatan itu akhirnya roboh.

Selain meninjau jembatan Buhu,Gubernur Rusli didampingi Danrem 133/NW dan pimpinan OPD terkait meninjau jembatan yang terletak di Kecamatan Bongomeme. Jembatan yang masih terletak di sungai Alopohu itu juga sering ambruk terkena air sungai di bawahnya.

Pewarta: Ecyhin/Isam

157 total views, 2 views today

author

Author: