Pekerja Hotel dan Restoran Terima Bantuan Dari Pemprov Gorontalo

0
279
Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kiri), menyerahkan bantuan kebutuhan pokok kepada pekerja hotel dan restoran pada pembukaan Rakerda I BPD PHRI Provinsi Gorontalo di Grand Q Hotel, Kota Gorontalo, Kamis (3/9/2020). (Foto : Haris – Humas)

KOTA GORONTALO, Humas – Sebanyak 660 pekerja hotel dan restoran menerima bantuan kebutuhan pokok bersubsidi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Badan Pengurus Daerah (BPD) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Gorontalo di Grand Q Hotel, Kota Gorontalo, Kamis (3/9/2020).

“Bantuan ini adalah kerja sama antara Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Sosial, dan dibantu oleh Baznas Provinsi Gorontalo. Sesuai komitmen Pemprov Gorontalo, seluruh warga yang terdampak Covid-19 diberi bantuan kebutuhan pokok untuk meringankan beban di masa pandemi ini,” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya.

Idris mengutarakan, pandemi Covid-19 telah mempengaruhi seluruh sektor kehidupan, termasuk sektor pariwisata, perhotelan, dan restoran. Akibatnya, hingga triwulan dua tahun 2020, pertumbuhan ekonomi nasional berada pada angka -5,32 persen dan angka kemiskinan secara nasional juga bertambah sebesar 0,37 persen.

“Kita bersyukur untuk pertumbuhan ekonomi Gorontalo hingga triwulan dua sebesar -0,09 persen. Sedangkan angka kemiskinan kita justru mengalami penurunan sebesar 0,09 persen,” imbuhnya.

Oleh karena itu Wagub Gorontalo dua periode itu berharap pada masa tatanan kehidupan baru ini, PHRI dan seluruh pihak terkait untuk saling berkoordinasi dan memperkuat sinergitas melalui program-program yang terukur guna memajukan sektor pariwisata di Gorontalo. Menurut Idris, sektor pariwisata bisa menjadi pengungkit bagi kemajuan sektor-sektor lainnya yang diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi daerah dan nasional di masa pandemi Covid-19.

Artikel Terkait  Stok Pangan Aman, Masyarakat Diminta Tidak Panik

“Jika pariwisata maju, UMKM akan tumbuh, tenaga kerja juga akan tertampung,” ujar Idris.

Hadir pada kegiatan tersebut Wali Kota Gorontalo Marten Taha, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo, serta asosiasi dan berbagai lembaga pariwisata lainnya. Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan kerja sama antara Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga dengan PHRI Provinsi Gorontalo dalam rangka peningkatan mutu sumber daya manusia SMK melalui praktik kerja lapangan, magang, program latih kerja, serta penyelarasan kurikulum.

Pewarta : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini