Pecahkan Rekor MURI, Pemprov Gorontalo Siapkan 40.400 Ketupat

Ika Widjayanti, warga desa Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo sedang mempersiapkan bungkusan ketupat untuk perayaan Lebaran Ketupat, Jumat (22/6/2018) nanti. Pada perayaan tersebut, Pemprov Gorontalo ikut ambil bagian dengan menyiapkan 40 stand makanan dengan 40.400 ketupat sekaligus untuk memecahkan rekor MURI. (Foto: Steven Polapa/Gorontalo Unite).

KOTA GORONTALO, Humas – Pemerintah Provinsi Gorontalo menyiapkan 40.400 ketupat pada perayaan Lebaran Ketupat yang akan digelar di ”kampung Jawa” desa Yosonegoro dan Desa Padengo, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Jumat (22/6/2018) mendatang.

Perayaan lebaran warga keturunan Jawa Tondano (Jaton) yang rutin digelar setiap tahun ini akan dirangkaikan dengan lomba karapan sapi, pacuan kuda, dan kuda gerobak di lapangan golf Yosonegoro.

Baca Juga :  Sekdaprov : Wakaf Untuk Menolong Sesama dan Menggerakkan Perekonomian

“Akan ada 40 stand makanan ketupat dan panganan lainnya yang disiapkan oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) secara gratis bagi masyarakat. Lokasi stand akan berpusat di seputaran patung ketupat antara Desa Yosonegoro dan Desa Padengo,” kata Kadis Pariwisata Nancy Lahay, Senin (19/6/2018).

Kegiatan Gebyar Ketupat ini merupakan rangkaian dari empat event pariwisata nasional Gorontalo selama bulan Ramadan dan Syawal. Sebelumnya sudah digelar lomba Festival Beduk Ramadan dan Festival Tumbilotohe.

Denah lokasi stand panganan ketupat yang disiapkan oleh Pemprov Gorontalo di Desa Yosonegoro, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. (Sumber: Dinas Pariwisata).

“Insya Allah  ada tim dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yang akan menilai langsung pemecahan rekor ini. Oleh karena itu, kami sangat berharap kontribusi dari semua OPD pemprov untuk menjamu masyarakat yang berlebaran ketupat nanti,” imbuh Nancy.

Denah lokasi stand panganan ketupat yang disiapkan oleh Pemprov Gorontalo di Desa Padengo, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. (Sumber: Dinas Pariwisata).

Berdasarkan jejak digital yang ada, Rekor MURI untuk jumlah ketupat terbanyak sejauh ini dipegang oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat yakni sebanyak 30 Ribu Ketupat. Rekor tahun 2012 itu diberikan untuk Jakarta Barat dalam dua kategori yakni sajian ketupat terbanyak dan dekorasi ketupat terbanyak.

Baca Juga :  Pemprov Pacu Pekerjaan Revitalisasi Danau Limboto

Pewarta: Isam

1,282 total views, 4 views today

author

Author: