Pamannya Meninggal Dunia, Rusli Habibie Berduka

Almarhum Alex Koniyo (78) foto bersama cucunya Ayu Natasya (kiri), istri dari komedian Wendi Cagur. Sumber : Instagram @wendicagur.

Keluarga besar Rusli Habibie berduka setelah paman dari istrinya, almarhum Alex Koniyo (78 Tahun) berpulang ke rahmatullah, Selasa pagi (9/1). Almarhum yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Gorontalo itu meninggal di Rumah Sakit Aloe Saboe, Kota Gorontalo karena komplikasi penyakit yang diderita.

Di tengah tengah kesibukannya sebagai Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie bersama istri Ny. Idah Syahidah menyempatkan diri untuk hadir melayat ke rumah duka di Desa Tingkohubu, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Di mata Rusli, kakak kandung dari bapak mertuanya A.R Koniyo itu, merupakan sosok yang bersahaja. Rusli muda banyak mendapatkan masukan dan nasihat tidak terkecuali saat sudah menjabat sebagai gubernur.

“Beliau orangnya baik dan bersahaja. Sejak saya bupati Gorut (Gorontalo Utara) sampai sekarang sering dinasihati almarhum. Jujur saja saya dan kami semua merasa kehilangan,” terang Rusli.

Almarhum Alex Koniyo dikenal sebagai tokoh berpengaruh di Gorontalo. Merintis karir birokrat di Departemen Kesehatan selama 36 Tahun sejak tanggal 1 Agustus 1960. Kakek dari dari Ayu Nastasya, istri komedian kondang Wendi Cagur itu, pernah menjabat Sekretaris RSU Kotamadya Gorontalo tahun 1963-1978, Kabag Tata Usaha Dinas Kesehatan 1979-1988, dan pensiun tahun 1996.

Seperti adiknya A.R Koniyo yang pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Gorontalo, Alex Koniyo seusai pensiun sebagai PNS melanjutkan karir di dunia politik. Tahun 1997-1999 pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Gorontalo dari partai Golkar. Pada Pemilu 2004 Alex dipercaya menjadi anggota DPRD provinsi Gorontalo juga dari partai Golkar.

Atas jasa-jasanya itu, bapak lima orang anak itu diberi gelar adat Gorontalo “Ta lo Tombalita to Bubaya” atau putra terbaik Indonesia kelahiran Gorontalo yang telah mengabdi terhadap bangsa dan negara pada segala bidang di lintas negeri.

Pewarta/editor : Isam

Foto : Salman

160 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply