Pakar Komunikasi Unhas Latih Jajaran Biro Humas Protokol Setdaprov Gorontalo

 

GORONTALO – Lingkup pekerjaan humas dan protokol yang selalu terkait dengan banyak pihak,  membuat orang-orang yang bekerja di lingkungan ini harus meng “up grade” diri setiap saat.

Kata-kata penyemangat itu disampaikan pakar komunikasi dan politik yang juga dosen Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin, DR. Hasrullah, saat memberikan pelatihan singkat kepada seluruh jajaran pegawai Biro Humas dan Protokol di Ruang Huyula, Kantor Gubernur Gorontalo, Rabu (19/7).

Hasrullah mengatakan, humas adalah suara pemerintah. Apa yang humas katakan, bisa membentuk citra pemerintah dihadapan khayalak luas. Jadi humas di Gorontalo khususnya, harus lebih inovatif dan bisa menjadi fasilitator antara pemerintah dan masyarakat.

“Sebagai pekerjaan yang berhubungan dengan masyarakat luas (publik) maka keberadaan pekerja di bidang humas atau Public Relations (PR) perlu mendapat perhatian sekaligus sorotan. Kelemahan humas itu sebenarnya ada di sistem SDM nya. Jika SDM lemah, maka kinerja humas juga menurun” ungkap Hasrullah.

Hasrullah menekankan, tenaga humas harus selalu di “up grade”, artinya menjadi pekerja humas yang profesional sesungguhnya bergantung pada pelakunya, ini sangat personal dan individual.

Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa, yang turut hadir pada pelatihan singkat tersebut mengakui sangat mendukung hal hal seperti ini. Mengingat humas sebagai ujung tombak dari citra pemerintah daerah, jadi kinerja kehumasan harus terus di tingkatkan.

“Humas punya peran yang sangat strategis dalam membentuk citra pemerintah. Kinerja humas harus selalu  bisa menyampaikan informasi secara cepat, tepat dan benar. Untuk itu humas harus terus meningkatkan profesionalisme dalam kinerja,” kata mantan Kepala Bappeda Provinsi Gorontalo ini.

Sekda menjelaskan, ia sengaja mengundang langsung Bapak DR. Hasrullah untuk memberikan sosialisasi kehumasan mengingat beliau adalah seorang teman lama dan juga seorang pakar komunikasi yang memang kinerjanya sehari hari berhubungan langsung dengan khalayak luas.

“Bapak DR. Hasrullah ini adalah teman lama saya semasa saya kuliah di Unhas. Sebenarnya beliau di Gorontalo adalah dalam rangka menghadiri KKN Kebangsaan yang digelar oleh UNG (Universitas Negeri Gorontalo) selama sebulan kedepan. Akan tetapi hari ini saya meminta langsung beliau untuk memberikan ilmunya pada kita semua. Beliau adalah orang yang sudah lama bergeliat di dunia kehumasan. Jadi ilmu yang dibagikan kepada kita bisa sangat bermanfaat,” tambah Sekda.

Diakhir  pelatihan ini, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Gorontalo Zukri Surotinojo, mengatakan, sangat berterimakasih kepada pemateri  yang sudah bersedia meluangkan waktunya memberikan wawasan yang begitu bermanfaat kepada seluruh staf humas.

“Terimakasih kepada pak doktor yang meluangkan waktunya dan juga kepada bu sekda yang membantu kami bisa menerima materi yang sangat bermanfaat seperti ini. Kami berharap sosialisasi ini akan lebih meningkatkan kompetensi humas kami dalam hal membentuk citra pemerintah daerah yang positif dimata masyarakat luas,” ujar Zukri.

Pelatihan yang hanya berlangsung selama lima jam ini membuka  wawasan seluruh jajaran Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Gorontalo.

Pewarta/foto : Ecin

Editor             : Asriani

 

193 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply