Orang Tua Harus Peduli Usia Emas Anak

Idah Syahidah berada diantara anak-anak PAUD saat menghadiri Dies Natalis PAUD Damhil DWP UNG Ke-20

GORONTALO – Bunda PAUD Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie menjelaskan dalam perkembangan anak dikenal suatu fase penting yakni fase emas atau lebih dikenal dengan istilah Golden Age. Fase emas adalah fase otak anak mengalami perkembangan yang paling cepat dalam masa pertumbuhannya, kurang lebih 80 % otak megalami perkembangan pada usia 0-6 tahun dan usia inilah yang disebut golden age atau fase emas tumbuh kembang seorang anak.

Pada masa ini ungkap Idah, setiap informasi akan diserap anak baik berupa informasi yang baik maupun yang  buruk dan akan menjadi dasar terbentuknya karakter, keprbadian serta kemampuan kognitif. Karena itulah fase golden age menjadi fase terpenting bagi perkembangan anak.

“Masa golden age ini setiap orang tua harus memberikan perhatian yang lebih maksimal lagi sehingga tumbuhkembangnya anak dapat diketahui sejak dini,” ujar Idah Syahidah saat menghadiri Dies Natalis PAUD Damhil DWP UNG Ke-20, Sabtu (23/9) di Sekolah TK Damhil UNG Kota Gorontalo.

Lebih jauh isteri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu mengingatkan, bahwa usia emas anak tidak saja menjadi tanggungjawab guru PAUD melainkan juga tanggungjawab orang tua. Orang tua diharapkan sebagai orang pertama yang memberikan perhatian dan kepedulian dalam membentuk karakter anak.

“Terkadang para orang tua salah kaprah mendidik anak-anaknya misalnya saja memperlakukan anaknya dengan manja atau memenuhi apa pun keinginan anak. Jangan lakukan hal tersebut sebab ini kurang baik karena hanya akan mengakibatkan anak tidak akan bisa mandiri,” imbuh Bunda PAUD Provinsi Gorontalo.

Oleh karena itu Idah menekankan dengan adanya program-program pemerintah melalui bunda-bunda PAUD baik diprovinsi maupun kabupaten/kota atau pun moment perayaan dies natalis seperti saat ini diharapkan para orang tua menjadi lebih bijaksana sehingga mampu menghasilkan anak-anak yang berkualitas dan menjadi teladan.

Terkait dengan eksistensi PAUD di Provinsi Gorontalo, Idah menilai saat ini PAUD sudah hadir di setiap desa di Provinsi Gorontalo. Hal itu sudah sejalan dengan harapan Bunda Nasional Iriana Jokowi agar setiap desa memiliki satu PAUD. Hal itu menunjukkan bahwa pemerintah daerah di semua tingkatkan telah bekerja maksimal dan menaruh kepedulian serius untuk pembinaan mental dan tumbuh kembang anak usia dini.

Pewarta/foto : Burhan

Editor              : Ismail

101 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply