Offroader Susah Payah Taklukkan Sungai Bulango

0
168
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengendari mobil Wrangler pabrikan Amerika saat offroad di Sungai Bulango, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (12/10/2019). Gubernur beserta sejumlah offroader dibuat susah payah menaklukkan rawa-rawa, arus dan tebing sungai Bulango. (Foto: Salman-Humas).

BONE BOLANGO, Humas – Pemerintah Provinsi kembali menggelar adventure offroad bagi para pecinta otomotif di Gorontalo pada Sabtu, (12/10/2019). Ajang ini digelar untuk memeriahkan HUT ke-74 TNI yang turut diikuti oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw serta Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf. Alan Surya Lesmana.

Rute offroad kali ini mengambil lokasi di seputaran sungai Bulango di Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango. Lokasi itu sengaja dipilih karena terkenal angker bagi para petualang mobil bermesin 4×4 WD.

Baru beberapa menit laga dimulai, offroader sudah dibuat susah payah untuk menaklukkan arus sungai Bulango. Mobil sekaliber Wrangler buatan Amerika yang menjadi tunggangan Gubernur Rusli Habibie menjadi salah satu korbannya.

Adrenalin Rusli diuji saat mencicipi obstacle di rawa-rawa. Ban mobil kirinya terperosok ke dalam lumpur. Semakin pedal gas ditekan, ban mobil semakin ditelan lumpur. Mobil berkekuatan 230 tenaga kuda itu pun terpaksa ditarik dengan zonder.

Bukan hanya tunggangan gubernur yang merasakan ganasnya sungai Bulango. Beberapa peserta bernasib sama. Mobilnya harus ditandu keluar oleh zonder. Ada yang bahkan harus ditarik oleh dua mobil sekaligus agar bisa kembali melanjutkan permainan uji ketangkasan mengemudi itu.

Salah satu mobil peserta terbenam lumpur saat mencoba tantangan di Sungai Bulango, Kecamatan Tapa, Bone Bolango, Sabtu (12/10/2019). Mobil yang tak kuasa melewati obstacle terpaksa harus ditarik dengan zonder. (Foto: Salman-Humas).

Tantangan berikutnya menaklukkan arus sungai. Meski airnya yang tidak begitu besar karena kemarau, tidak berarti sungai Bulango terasa enteng. Beberapa mobil peserta nampak kelimpungan mencari bagian sungai yang relatif lebih dangkal. Salah melangkah maka mobil akan terperosok dan berlanjut pada mesin yang mati.

Artikel Terkait  Bupati Banyuwangi Berbagi "Jurus" Pengembangan Pariwisata di Gorontalo

Puncak dari kesulitan offroad terjadi saat mencoba melewati tebing di sekitar sungai. Tunggangan Gubernur Rusli harus mengalami patah as tengah karena terbentuk tebing. Akibatnya ia harus berganti mobil untuk bisa melanjutkan offroad hingga ke garis finish.

Peserta offroad foto bersama dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di Rumah Jabatan Gubernur, Sabtu (12/10/2019). Offroad yang digelar untuk memperingati HUT ke-74 TNI diikuti oleh Danrem 133/NW Kolonel Czi Arnold Ritiauw dan Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf. Alan Surya Lesmana. (Foto: Alfred-Humas).

Keseruan hari itu berakhir di lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo. Di garis finish peserta dihibur dengan puluhan door prize dengan hadiah utama satu unit lemari es. Gubernur Rusli juga mengajak Danrem 133/Nani Wartabone dan semua peserta untuk makan di lapak warga yang biasa berjualan di sekitar lokasi.

Pewarta: Isam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini