MKKS Cianjur Lakukan Studi Banding Pendidikan Gratis di Gorontalo

Foto bersama tim MKKS Kab. Cianjur dengan Wagub Gorontalo, H. Idris Rahim di Kantor Gubernur Gorontalo

GORONTALO – Wakil Gubernur Gorontalo, H. Idris Rahim, menerima tim Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Cianjur, di ruang kerjanya, Jumat (22/9).

Tujuan kunjungan para kepala sekolah ini untuk melihat dan mempelajari lebih dalam pelaksanaan program pendidikan gratis oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo yang dinilai sukses dan berhasil.

“Para kepala sekolah SMA yang tergabung dalam MKKS Kabupaten Cianjur, tertarik dengan keberhasilan progam pendidikan gratis. Sehingga itu mereka sengaja datang untuk melihat dan mempelajari penerapan program unggulan Pemprov Gorontalo tersebut,” jelas Kepala SMA Negeri 1 Gorontalo, Saiful Kadir, yang mendampingi MKKS Cianjur pada kunjungan itu.

Saiful menambahkan, para kepala SMA Kabupaten Cianjur ini sudah mendengar bahwa pendidikan di Provinsi Gorontalo sudah bebas dari berbagai pungutan. Hal itu semakin membuat mereka penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh bagaimana penerapan program pendidikan gratis, karena walaupun tanpa pungutan, tetapi proses pembelajaran bisa berjalan lancar, bahkan sekolah-sekolah di Provinsi Gorontalo bisa berprestasi hingga ke tingkat nasional.

“Mereka membandingkan dengan kondisi di Cianjur, dimana masih ada sumbangan orang tua ke sekolah, tetapi sekolah mereka jarang berprestasi,” tutur Saiful.

Selain melakukan studi banding penerapan pendidikan gratis, tim MKKS ini juga melakukan studi budaya dan wisata, bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Gorontalo.

Kesempatan itu dimanfaatkan Wagub Idris Rahim untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata di Gorontalo. Idris meminta agar selama berada di Gorontalo, para kepala sekolah Cianjur dapat mengunjungi dan menikmati keindahan obyek-obyek wisata Gorontalo, dan juga membeli produk-produk UMKM sebagai ole-ole untuk keluarga dan sahabat di Kabupaten Cianjur.

“Selama berada di Gorontalo, bapak ibu bisa mencoba bentor, kenderaan umum khas Gorontalo. Kita juga punya kain Karawo, kue Karawo, dan produk kerajinan khas lainnya. Dan juga jangan lupa untuk mengunjungi obyek-obyek wisata Gorontalo,” tandas Idris.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

110 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply