Minim Partisipasi, Idah Kampanye Pemeriksaan Kanker Serviks

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah bersama peserta yang akan melakukan pemeriksaan kanker serviks

GORONTALO – Kurangnya partisipasi perempuan Gorontalo yang melakukan IVA TEST (tes kanker Serviks) membuat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah giat untuk melaksanakan kampanye. Seperti yang dilakukan Idah di kalangan Dharma Wanita kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Gorotalo di klinik Anisa belum lama ini.

Idah mengungkapkan, masalah kesehatan menjadi perhatian yang sangat tinggi dari pemerintah Provinsi Gorontalo.  Kaum perempuan Gorontalo diharapkan peduli terhadap kesehatan alat reproduksi dengan cara rutin memeriksakan potensi penyakit kanker serviks dan kanker payudara di klinik atau puskesmas terdekat.

“Menjaga dan memelihara kesehatan adalah kesadaran dan tugas dari diri kita sendiri karena bagaimana pun pemerintah walaupun terus berusaha menyediakan fasilitas persoalan berkaitan dengan hidup sehat, bersih maupun lingkungan yang sehat merupakan tanggung jawab dan tugas kita semua,” terang isteri Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu.

Lebih lanjut Idah menerangkan, pemeriksaan kanker serviks ditujukan pada perempuan usia menikah sampai umur lima puluh tahun. Deteksi dini membantu warga mengambil langkah pencegahan atau pengobatan apabila diketahui ada gejala kanker leher rahim pada diri seseorang. Tindakan lebih awal terhadap pasien dapat membantu mengurangi resiko kematian.

“ Jangan takut memeriksakan diri karena bila ragu dan takut kita tidak akan pernah tau apakah kita mengidap kanker serviks atau tidak bahkan parahnya lagi jika kita terlambat memeriksakan diri akhirnya bisa menyebabkan kematian. Mari rame-rame kita ikut IVA Test, bebaskan perempuan Gorontalo dari bahaya kanker serviks,” pungkasnya.

Pewarta/foto : Burhan

Editor            : Ismail

130 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply