Minim Koordinasi dan Promosi, Perpustakaan Desa Sepi Pembaca

Kadis Arsip dan Perpustakaan Yosef P. Koton (upia karanji) saat berbincang dengan pengelola perpustakaan desa, Kamis (4/1).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Yosef P. Koton menilai minimnya koordinasi dan promosi menyebabkan perpustakaan desa/kelurahan sepi pembaca. Pernyataan itu disampaikan Koton usai turun ke lapangan melihat kondisi perpustakaan desa/kelurahan yang mendapat bantuan dari pemerintah provinsi dan pusat, Kamis (4/1).

Yosef Koton bersama jajaran meninjau beberapa perpustakaan desa/kelurahan, di antaranya perpustakaan di Kelurahan Dembe II Kec. Kota Utaradan Kelurahan Wongkaditi, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. Ia mengecek data laporan pengunjung dan pengelolaan perpustakaan. Pada kunjungan ke perpustakaan di kelurahan Dulomo Selatan, Koton mendapati ruangannya terkunci dan petugas pengelola perpustakaan tidak berada ditempat.

Di Dembe II jumlah kunjungan perhari hanya 10 orang, sementara di Wongkaditi 3 orang perhari. Itu pun pengunjung yang punya keperluan mengurus surat suratan di kantor kelurahan.

Menurut Koton, pemerintah setempat masih kurang menggalakkan perpusatakaan desa sebagai sumber informasi masyarakat. Padahal, akses buku yang disediakan sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan informasi warga.

“Aparat desa masih kurang maksimal dalam hal koordinasi dan sinergi dengan petugas di lapangan. Misalnya dengan para penyuluh pertanian, PLKB, kehakiman dll. Padahal buku tentang pengelolaan pertanian dan peternakan sudah tersedia sehingga diharapkan informasi tentang tata cara bercocok tanam dapat disebarluaskan kepada para petani,” terang mantan Widyaiswara Provinsi Gorontalo itu.

Untuk kebutuhan buku di desa/kelurahan, menurutnya butuh evaluasi dan penyesuaian kebutuhan di setiap daerah. Pihaknya juga akan melakukan penandatanganan kerjasama dengan para penyuluh untuk memaksimalkan pemanfaatan buku.

“Jadi kebutuhan buku disesuaikan berdasarkan usuluan pemerintah kabupaten/kota dengan data di lapangan yang benar-benar dibutuhkan,” imbuhnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabid perpustakaan Masita K. Demak serta kepala seksi Pembinaan, Pengembangan Kerjasama Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan, Tjilik Bahsoan.

Pewarta : Bambang-Dinas Arsip Perpustakaan

Editor : Isam

Foto : Dinas Arsip Perpustakaan

 

160 total views, 4 views today

author

Author: 

Leave a Reply