Menumbuhkan Semangat Nasionalisme

Wakil Gubernur Gorontalo DR. Drs. H. Idris Rahim, MM., menerima siswa siswi SMA/SMK dari Provinsi Aceh peserta program Pertukaran Siswa SMA Berprestasi Mengenal Nusantara  yang diprakasai oleh PT. Askrindo dan PT. Angkasa Pura di ruangan Huyula Kantor Gubernur Gorontalo, Selasa ( 9/8).

Program yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan sikap nasionalisme generasi muda melalui pengenalan budaya yang merupakan warisan kekayaan bangsa Indonesia, merupakan gagasan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang tertuang dalam program Nawacita.

“Kegiatan ini sangat strategis dan bermanfaat dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air dan semangat nasionalisme dikalangan pelajar sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa. Melalui pertukaran pelajar ini, siswa dari daerah lain bisa mengenal berbagai macam kultur budaya, suku, dan destinasi wisata yang merupakan kekayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” kata Wagub Idris Rahim dalam sambutannya pada kesempatan itu.

Lebih lanjut kepada peserta pertukaran siswa berprestasi mengenal Nusantara, Idris memberikan gambaran umum tentang kondisi dan letak geografis Provinsi Gorontalo, serta budaya dan adat istiadat masyarakat Gorontalo. Idris mengatakan, masyarakat Provinsi Gorontalo yang mayoritas beragama Islam memiliki falsafah hidup yaitu adat bersendikan sara dan sara bersendikan kitabullah, yang mengandung arti bahwa pemerintah, tokoh adat, tokoh agama, dan seluruh masyarakat Gorontalo, senantiasa mengedepankan sikap dan perilaku yang sesuai dengan ajaran dan tuntunan agama serta adat dan budaya masyarakat Gorontalo.

“Kalau Aceh dikenal dengan Serambi Mekah, maka Gorontalo merupakan Serambi Madina kota seribu masjid, karena di Gorontalo juga banyak berdiri masjid-masjid,” tutur Wagub.

Wagub Idris Rahim berharap, program pertukaran pelajar berprestasi mengenal nusantara ini sekaligus bisa menjadi media promosi untuk memperkenalkan budaya dan destinasi wisata yang ada di Provinsi Gorontalo. “Saya berharap setelah adik-adik melihat kekayaan budaya masyarakat Gorontalo dan obyek-obyek wisata yang ada di daerah ini, adik-adik bisa berbagi informasi dengan sesama pelajar di seluruh Indonesia, sehingga Gorontalo semakin dikenal,” pungkas Idris.

251 total views, 1 views today

Rate this article!
author

Author: 

Leave a Reply