Mentan RI : Branding Jagung Gorontalo Mendunia

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman (kanan) bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) saat panen raya jagung di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Jumat (4/5/2018). Dengan eskpor jagung Gorontalo yang sudah mencapai 70 Ribu Ton selama 2018, Mentan mengakui jika branding jagung Gorontalo sudah mendunia. (Foto: Salman-Humas).

BOALEMO, Humas – Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengakui jika branding Gorontalo sebagai daerah penghasil jagung sudah dikenal dunia. Hal itu disebabkan ekspor jagung yang kini sudah mencapai 70 Ribu Ton hingga triwulan pertama tahun 2018.

“Ini Gorontalo luar biasa. Kalau kami ke Filiphina maka yang dikenal jagung Gorontalo, walaupun itu dari Sulawesi Selatan sebagian. Jadi kalau Sulawesi Selatan kirim, itu yang dikenal Gorontalo pasti. Dikirim dari Jawa Timur juga dikenal dari Gorontalo,” puji Mentan Amran Sulaiman saat mengikuti panen raya di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Jumat (4/5/2018).

Baca Juga :  Giliran Masyarakat Paguyaman Nikmati Bakti Sosial Pemprov Gorontalo

Mentan meminta nama baik Gorontalo sebagai penghasil jagung tetap dijaga dan ditingkatkan di tahun mendatang. Ia bahkan menantang Gorontalo untuk bisa ekspor jagung 150 Ribu Ton, dari target awal 100 Ton tahun ini.

Selain jagung, Amran meminta Gorontalo bisa menyumbang lebih banyak produksi kelapa secara nasional. Indonesia dikenal sebagai negara pengasil kelapa terbesar di dunia namun produktivitasnya yang masih rendah.

“Ini (Produksi kelapa Gorontalo) masih rendah hanya 1,1 Juta Ton. Itu kenapa? Karena kita tidak merawatnya. Harusnya diberi pupuk diberi minum seperti halnya keluarga. Kalau ini bisa dinaikkan dua kali lipat saja maka bisa menggetarkan dunia,” Imbuhnya.

Mentan RI Andi Amran Sulaiman (empat kiri) bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (dua kiri) bersama ibu Idah Syahidah (kiri) foto bersama dengan penerima bantuan traktor, Jumat (4/5/2018). Kehadiran Amran di Gorontalo untuk melakukan panen raya di Desa Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo. (Foto: Salman-Humas).

Amran menyebut jika pertanian Indonesia selama tiga tahun ini terus membaik. Ada lima produk pangan yang produksinya sangat baik dan telah di ekspor ke luar negeri. Selain jagung, ada bawang, ayam, telur dan kelapa yang sudah di ekspor ke 10 negara.

Baca Juga :  Abaikan PNS, Idah Ajak Mahasiswa Jadi Pengusaha

Sudah dua hari terakhir menteri asal Sulawesi Selatan itu ada di Gorontalo. Selain melakukan panen jagung, ia juga memimpin Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa yang digelar di Kota Gorontalo. Sehari sebelumnya Amran melepas ekspor jagung ke Filiphina.

Kehadiran Amran tidak sendiri, ia didampingi Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Roem Kono, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie beserta ibu Idah Syahidah, Bupati Boalemo Darwis Moridu dan sejumlah pejabat daerah.

Pewarta: Ecyhin

Editor: Isam

449 total views, 1 views today

author

Author: