Mentan Lepas Ekspor Jagung Gorontalo

0
361
Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman (kiri), bersama Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, memecahkan kendi tanda pelepasan ekspor jagung Gorontalo di Desa Yosonegoro, Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Kamis (3/5). (Foto : Haris – Humas)

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, kembali melepas ekspor jagung Gorontalo. Kali ini sebanyak 70.150 ton jagung Gorontalo akan diekspor ke negara Filipina. Pelepasan ekspor jagung dilakukan di gudang jagung Gorontalo Pangan Lestari, Desa Yosonegoro Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Kamis (3/5).

Pada kesempatan itu Mentan Amran Sulaiman mengapresiasi kerja keras Pemerintah Provinsi Gorontalo yang berusaha memenuhi janjinya untuk mengekspor jagung.

“Sekitar 3 bulan lalu saya juga melepas ekspor jagung Gorontalo. Saat itu saya katakan ke pak Gubernur target ekspornya dinaikkan menjadi 57 ribu ton. Alhamdulillah, ternyata hanya dalam waktu 3 bulan ekspor itu sudah bisa direalisasikan, bahkan melampaui target yakni mencapai 70 ribu ton. Kami beri apresiasi yang tinggi kepada pak Gubernur,” kata Amran yang turut didampingi anggota DPR RI daerah pemilihan Gorontalo, Rum Kono, dan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim.

Atas keberhasilan Provinsi Gorontalo itu, Mentan kembali menaikkan target ekspor jagung Gorontalo dua kali lipat dari ekspor jagung saat ini menjadi 150 ribu ton. Dengan kenaikan target ini Gorontalo akan menjadi penyumbang terbesar bagi ekspor nasional yang tahun ini ditargetkan sebesar 500 ribu ton.

“Target Gorontalo saya tambah hingga dua kali lipat menjadi 150 ribu ton,” tegas Amran.

Mentan optimis dengan komitmen dan kerja keras Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama seluruh stakeholdernya yang telah ditunjukkan selama ini, target itu bisa dicapai. Menurutnya keberhasilan Provinsi Gorontalo ini merupakan role model dalam mengangkat kesejahteraan petani.

Artikel Terkait  Pemprov Gorontalo 'Lelang' Lima Jabatan Kosong

“Presiden menginstruksikan 2 hal yang dapat mengangkat kesejahteraan petani, yaitu ekspor dan investasi. Gorontalo sudah melakukan ini dengan prestasi yang sungguh sangat luar biasa,” pungkas Mentan Amran Sulaiman.

Pewarta/Editor : Haris

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini