Mentan : Gubernur Gorontalo “Rampas Bola” Untuk Jagung

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Roem Kono saat menyerahkan bantuan kepada para petani di kecamatan Tilong Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Senin (30/10).

Produksi jagung Gorontalo yang melimpah mendapat apresiasi tersendiri dari Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Menurutnya, produksi jagung Gorontalo yang mencapai 1,4 Juta Ton tidak terlepas dari keseriusan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dalam membangun komunikasi dan kemitraan yang baik dengan dirinya.

“Aku tambah bantuannya untuk Gorontalo. Provinsi yang serius pasti pemerintah pusat serius.  Kalau tidak serius lah kita habis waktu. Kalau di Gorontalo ini aku sudah banyak kali memecahkan kendi (berkunjung ke Gorontalo). Ini bukti saya serius untuk petani jagung Gorontalo,” terang Amran dihadapn awak media.

Pihaknya juga memuji langkah Rusli yang disebut sebagai gubernur “rampas bola” dalam hal memperjuangkan bantuan pertanian. Rampas bola yang dimaksud Amran yakni karena intensitas Rusli Habibie untuk menghubungi dan meminta alokasi bantuan bagi petani Gorontalo.

“Ini patut kita contoh pak gubernur. Semangatnya luar biasa. Beliau ini rampas bola. Bukan lagi rebut bola pak, itu masa lalu. Bayangkan beliau setelah rapat di Istana langsung datang ke kantor. Sekarang aku ke sini tidak kasih tau (gubernur), aku keliling dari daerah langsung ke sini (untuk berkunjung),” puji Amran.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyambut kedatangan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman sesaat usai mendarat selamat di terminal lama bandar udara Djalaluddin Gorontalo, Senin (30/10).

Apa yang dilakukan Rusli menurutnya harus menjadi contoh bagi kepala daerah lain. Ia berharap kepala daerah tidak hanya mengirimkan proposal ke pemerintah, tetapi harus mampu meyakinkan dan memperjuangkan dengan membuktikan hasil kerja selama ini.

“Kalau kepala daerah hanya kirim proposal itu kayak pemancing ikan. Dia lempar kailnya ke laut terus disuruh jaga Malaikat. Kalau dapat ikan yaa syukur kalo nggak yaa nggak. Tidak boleh begitu. Harus ada keseriusan dan ikhtiar sungguh sungguh dari kepala daerah,” tambahnya.

Amran memastikan bantuan benih, pupuk dan alat mesin pertanian (alsintan) untuk Gorontalo akan selalu mendapatkan prioritas tiap tahunnya. Bantuan itu diharapkan bisa mendorong petani Gorontalo untuk menanam jagung seluas 300 Ribu Hektar.

Kunjungan kerja Amran Sulaiman ke Gorontalo untuk melaksanakan sejumlah agenda. Selain melepas pengiriman jagung antar pulau sebanyak 2350 Ton, Amran juga melaksanakan panen padi di Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Ia juga menyerahkan bantuan pertanian senilai 39 Milyar Rupiah.

Pewarta/Editor : Isam

Foto : Salman

213 total views, 3 views today

author

Author: 

Leave a Reply