Mensos: HKSN di Gorontalo Mendekati Sempurna

0
661
Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) didampingi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tiga kanan) saat menghadiri puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2018 yang dipusatkan di Sport Center David-Tonny, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (20/12/2018). Mensos menilai pelaksanaan HKSN 2018 di Gorontalo berlangsung hampir sempurna. (Foto: Salman-Humas).

KABUPATEN GORONTALO, Humas – Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi pelaksanaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2018 yang dipusatkan di Sport Center David-Tonny, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Kamis (20/12/2018).

Rangkaian HKSN yang digelar sejak tanggal 14 Desember tersebut menurutnya mendekati sempurna. Hal itu tidak terlepas dari dukungan pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan seluruh masyarakat di Provinsi Gorontalo.

“Jadi pemerintah daerah bekerjasama dengan pemerintah pusat telah melaksanakan HKSN ini dengan hampir sempurna, sangat baik. Ini memberikan contoh pada persiapan peringatan HKSN 2019 yang sudah kita tetapkan yakni Kalimantan Selatan,” kata Agus saat diwawancarai wartawan usai acara.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, masyarakat Indonesia harusnya memperingati kesetiakawanan sosial setiap hari, bukan saja setiap tanggal 20 Desember. Nilai-nilai kesetiakawanan harus ada di hati dan pikiran setiap insan bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

“Jadi harapan kami ketika seluruh peserta HKSN yang berasal dari seluruh pelosok tanah air kembali ke daerah masing-masing, mereka bukan saja mengingat keberhasilan HKSN di Gorontalo. Mereka juga semakin memperkuat amalan mereka terhadap nilai-nilai kesetiakawanan sosial,” tandasnya.

Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah (dua kanan) menerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasmita, Kamis (20/12/2018). Penghargaan diberikan di sela-sela peringatan puncak peringatan HKSN 2018 di Sprot Center David-Tonny, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. (Foto: Salman-Humas).

Sementara itu, Gubernur Rusli Habibie atasnama seluruh masyarakat Gorontalo menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Mensos RI yang telah mempercayakan Gorontalo sebagai tuan rumah.

“Manfaat yang kita dapatkan pertama hotelnya habis (dipesan tamu), bahkan sampai tinggal di homestay atau rumah warga. Kedua, pantauan kami seminggu terakhir itu souvenir-sovenir banyak yang laku,” ungkap Rusli.

Artikel Terkait  Staf Ahli Mensos: HKSN Jawab Problematika Bangsa

Pada puncak HKSN tersebut, Mensos Agus juga menyerahkan penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial kepada 14 kepala daerah dan tokoh masyarakat yang dinilai berjasa di bidang sosial. Ada 8 bupati/wali kota se Indonesia, 3 kadis sosial, 2 Ketua TPP PKK, dan 1 yayasan yang menerima penghargaan tersebut.

Penerima penghargaan tersebut yakni Ir. Irfendi Arbi, MP – Bupati Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, Ir. H. Indra Catri, MSP – Bupati Agam, Provinsi Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE – Bupati Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, Hj. Iti Octavia Jayabaya, SE, MM – Bupati Lebak, Provinsi Banten.

Drs. H. Anang Syakhfiani,M.Si – Bupati Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd – Bupati Gorontalo, Provinsi Gorontalo, H.M. Syahrial, SH., MH – Walikota Tanjung Balai, Provinsi Sumatera Utara, dan H. Mahyeldi, SP – Wali Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Dari jajaran Dinas Sosial diraih oleh Dr. Sukesi, Apt., MARS – Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur,
Dr. H. Ilham A. Gazaling, M.Si – Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, dan Dra. Hj. Nina Setiana, M.Si – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Dra. Hj. Idah Syahidah Rusli Habibie, M.H selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo juga menerima penghargaan serupa. Idah ditemani oleh Lesdawati Anshori Hendrajoni – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat.

Artikel Terkait  Kelola Sampah Minimalisir Bencana

Untuk kategori ketua yayasan diraih oleh Yohanes Supriyanto, Ketua Yayasan Sosial Pelayanan Kasih (YSPK) Anugerah Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini