MenPAN-RB : ASN Itu Melayani Bukan Dilayani Masyarakat

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI DR. Asman Abnur melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Gorontalo dan mengawali lawatannya di Kabupaten Gorontalo Utara yang disambut oleh Asisten I Setda Provinsi Gorontalo Anis Naki, Bupati Gorut Indra Yasin, Wakapolda Gorontalo Rahmat Fudail dan Wakil Bupati Gorontalo Utara Roni Imran, Senin (24/4) di Rudis Bupati Gorontalo Utara.

Pada kesempatan tersebut Asman mengatakan yang menentukan maju mundurnya sebuah daerah adalah komitmen kepala daerahnya. Menjadi seorang kepala daerah bukanlah disebabkan oleh kekuasaannya tapi ingin menyumbangkan seluruh kekuatan dan kemampuannya untuk memajukan daerah yang memberi amanah kepadanya.

Jika kepala daerah memiliki komitmen tinggi untuk kemajuan daerahnya maka harus diikuti pula oleh penyelenggara negara. Menurut Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 kata MenPNRB, menyatakan yang namanya aparatur sipil negara itu adalah yakni pegawai negeri sipil. PNS ini adalah orang yang seharusnya bertanggung jawab sehari-harinya terhadap penyelenggaraan suatu negara.

“ PNS itu bukan sebagai penguasa tapi pelayan masyarakat, jadi lupakan dan tinggalkan cara-cara yang selama ini yang dikeluhkan oleh masyarakat seolah-olah pejabat itu adalah orang yang harus dilayani namun sebaliknya jika ingin maju sebuah daerah maka pejabat itu adalah pelayan rakyat,” Jelas Menpan.

Oleh sebab itu MenPANRB selalu menyampaikan kepada pejabat di seluruh SKPD untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut sebab mereka adalah motor dari negara dan harus lebih keras bekerja dari bawahannya serta harus mempunyai ide-ide cemerlang untuk memajukan daerahnya maka dari itu setiap SKPD dituntut harus memiliki ukuran kinerjanya yang disebut dengan akuntabilitas kinerja.

Usai diterima di kediaman Bupati Gorontalo Utara MenPANRB melanjutan lawatannya ke beberapa unit pelayanan publik diantaranya lokasi pembangunan Polres Gorontalo Utara serta Pelabuhan Anggrek dan berakhir pada peninjauan di lokasi Pameran Expo Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang bertempat di halaman Kantor Bupati Gorut. (Burhan- Tim Redaksi Humas)

253 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply