Menkes Puji Inovasi Kesehatan Gorontalo

 

Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah (tengah) mendampingi Menteri Kesehatan RI Nila F. Moeloek (kanan) saat berkunjung ke SD 1 Limboto Kab. Gorontalo. Pada kesempatan itupula Menkes bersama rombongan mengunjungi Saung Germas Desa Iloponu, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Selasa (17/7/18). (Foto : Burhan – Humas)

KABUPATEN GORONTALO, HUMAS – Berbagai inovasi di bidang kesehatan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Gorontalo mendapat pujian dari Menteri Kesehatan RI Prof. Nila Farid Moeloek.

Pujian ini disampaikannya ketika berkunjung ke Saung Germas Desa Iloponu, Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo, Selasa (17/7/18).

Beberapa inovasi yang telah dilakukan Pemprov Gorontalo yaitu pembentukkan gugus tugas untuk memastikan semua ibu hamil memeriksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat, yang juga ikut melibatkan aparat keamanan dari TNI dan POLRI.

Baca Juga :  KPPI Diharapkan Berkontribusi Dalam Mengoptimalkan Peran Perempuan

“ Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari inovasi-inovasi yang ada di Provinsi Gorontalo, yang bisa kita replikasi atau bisa kita contohi, yang kesemuanyan itu sudah pasti harus melalui sosialisasi lebih dulu,” ujar Menkes.

Inovasi lain yang bisa dijadikan contoh yakni pembentukan Saung Germas yang berada di Desa Iloponu. Kegiatan di dalamnya tidak hanya sekedar soal gerakan masyarakat sehat tetapi berkaitan pula dengan ekonomi dan pendidikan.

“ Ada pula si Dora (arisan donor darah), Pak Dok yakni layanan online kesehatan yang bekerjasama dengan dokter swasta untuk memberikan konsultasi kesehatan secara online. Saya pikir ini sebuah inovasi yang patut kita contohi,” jelas Nila Moeloek.

Baca Juga :  Wagub Minta Peserta KKN Menjadi Inovator Kesejahteraan Desa

Sebelum mengakhiri kunjungan ke Provinsi Gorontalo, Menkes bersama rombongan yang didampingi Ketua TP. PKK Provinsi Gorontalo Idah Syahidah Rusli Habibie, menyempatkan diri mengunjungi SDN I Limboto. Menkes RI disambut dengan tarian Langga dan permainan musik tradisional Polopalo yang dimainkan oleh anak-anak SD kelas V. Di lokasi ini Menkes berdialog dengan anak-anak SDN I Limboto.

Pewarta : Burhan
Editor : Asriani

595 total views, 3 views today

author

Author: