Mendikbud Resmikan USB di Kabupaten Pohuwato

Mendikbud RI Muhadjir Effendy (tengah) menggunting pita peresmian salah satu USB di Kab. Pohuwato, yang disaksikan oleh Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (kanan) dan Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga (kiri), Minggu (14/1)

GORONTALO – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy meresmikan 5 Unit Sekolah Baru (USB) di Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Minggu (14/1). Kelima USB tersebut yaitu, SMP Muhammadiyah Pohuwato, SMA Muhammadiyah Pohuwato, SMK Muhammadiyah Pohuwato, SMA Patriot Nusantara, dan renovasi SMP Negeri 1 Marisa.

Peresmian USB ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti di SMK Muhammadiyah Pohuwato oleh Mendikbud Muhadjir Effendy didampingi oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim dan Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga.

Baca Juga :  Gorontalo Siap Menyambut Fakultas Kedokteran

“Jika diukur nilai dari gedung USB yang diresmikan ini tidak seberapa, namun akan semakin tidak bernilai lagi jika masyarakat dan pemerintah daerah tidak mengelola dan memanfaatkannya dengan baik,” kata Menteri Muhadjir Effendy dalam sambutannya.

Muhadjir mengutarakan, bantuan USB yang diberikan oleh pemerintah pusat sesungguhnya bertujuan untuk memicu, mendorong, menstimulasi, dan merangsang agar masyarakat Pohuwato sendiri yang kemudian akan menentukan masa depannya melalui pendidikan. Diakuinya, tidak semua daerah di Indonesia menerima bantuan dari Kemendikbud, apalagi sebanyak yang diberikan kepada Pemkab Pohuwato.

“Bantuan ini adalah berkah. Tetapi juga merupakan tantangan bagi Pemda Pohuwato untuk bekerja lebih keras dalam memajukan pendidikan, karena kalau sudah maju, pemerintah tentu tidak perlu membantu lagi,” ujar Menteri.

Baca Juga :  Gubernur Gorontalo Resmikan Jembatan Bogo-Bogo Tolinggula

Oleh karena itu Mendikbud berharap, setelah diresmikannya USB tersebut, pihak pengelola segera mengambil langkah-langkah serius dan cepat untuk mengisi berbagai macam kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan program pendidikan. Muhadjir juga berpesan agar sarana prasarana pendidikan tersebut dapat dirawat dengan baik, sehingga dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang.

“Sekolah ini adalah bantuan dari pemerintah yang dananya bersumber dari uang rakyat. Karena itu jangan lupa dirawat biar masa pakainya panjang, partisipasi masyarakat dan pemda juga diharapkan untuk menyempurnakan bangunan dan sarana penunjang lainnya,” pesan Muhadjir.

Sementara itu Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim dalam sambutannya pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Mendikbud RI yang telah memberikan perhatian untuk kemajuan pendidikan di Provinsi Gorontalo. Kepada Mendikbud Muhadjir Effendy, Wagub Idris Rahim menuturkan bahwa sektor pendidikan merupakan program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo sejak periode pertama kepemimpinan Gubernur Rusli Habibie dan dirinya sebagai wakil gubernur, yang terus dilanjutkan pada periode kedua tahun 2017-2022.

Baca Juga :  Ini Rekomendasi Peserta KKDN TNI ke Pemprov Gorontalo

Idris menjelaskan program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo di bidang pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mewajibkan seluruh anak usia sekolah harus mengenyam pendidikan, yang biayanya digratiskan atau ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Tantangan kita bersama adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dengan meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan, serta membentuk karakter anak bangsa. Pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota harus bersinergi memajukan pendidikan,” tandas Idris.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

454 total views, 1 views today

author

Author: