Mendikbud Apresiasi Komitmen Muhammadiyah Majukan Pendidikan di Gorontalo

Mendikbud RI Muhadjir Effendy (kiri) bersama Wagub Gorontalo H. Idris Rahim pada peresmian USB yang dirangkaikan dengan peringatan milad Muhammadiyah ke-105 di SMK Muhammadiyah Pohuwato, Minggu (14/1)

GORONTALO – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy, mengapresiasi komitmen dan sinergitas yang dibangun oleh Muhammadiyah dengan pemerintah daerah dalam memajukan masyarakat Gorontalo melalui sektor pendidikan. Hal ini dikatakannya saat meresmikan Unit Sekolah Baru (USB) SMK Muhammadiyah Pohuwato yang dirangkaikan dengan Milad Muhammadiyah ke-105 tingkat Provinsi Gorontalo di Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Minggu (14/1).

Dari 5 USB yang diresmikan pada kesempatan itu, 3 diantaranya adalah sekolah Muhammadiyah yaitu SMP Muhammadiyah Pohuwato, SMA Muhammadiyah Pohuwato, dan SMK Muhammadiyah Pohuwato. Terkait hal itu Muhadjir menjelaskan, Muhammadiyah memiliki sejarah panjang dalam bidang dakwah melalui pendidikan dan layanan sosial lainnya. Komitmen dan ketulusan Muhammadiyah dalam mengabdikan seluruh potensinya untuk kepentingan bangsa dan negara, membuat pemerintah selalu percaya dan menjalin kerja sama dengan Muhammadiyah.

Baca Juga :  Enam Tahun Memimpin, Ini Surat Terbuka Gubernur Gorontalo

“Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat melalui Muhammadiyah termasuk USB ini, karena pemerintah percaya bahwa Muhammadiyah secara tulus dan hati yang jernih mengelola dan memanfaatkannya untuk masyarakat dan bangsa,” kata Muhadjir.

Sebelumnya Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim mengatakan bahwa selama ini kiprah Muhammadiyah di Provinsi Gorontalo sangat dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Idris menilai, layanan pendidikan Muhammadiyah dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi, termasuk program pelayanan kesehatannya, sejalan dan selaras dengan upaya Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Gorontalo.

“Muhammadiyah telah memberikan kontribusi dalam mendukung suksesnya program unggulan Pemerintah Provinsi Gorontalo, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Kami berharap melalui miladnya yang ke 105, Muhammadiyah akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Wagub Idris Rahim.

Baca Juga :  Satpol PP Tertibkan Lapak di Sepanjang Jalan GORR

Dalam rangka peresmian USB dan perayaan milad Muhammadiyah ke-105, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Gorontalo menggelar dakwah wisata yang diikuti oleh warga Muhammadiyah se Provinsi Gorontalo di lokasi tersebut. Dakwah wisata diisi dengan kegiatan penyaluran paket bantuan yang dihimpun dari warga Muhammdiyah, yaitu berupa 5.800 kilogram beras, 639 kilogram gula pasir, mie instan 126 karton, uang senilai Rp19.664.000, serta pakaian layak pakai.

Pewarta/Editor : Haris
Foto : Haris

183 total views, 2 views today

author

Author: