Mendagri : Pembangunan 49 Waduk, Salah Satunya di Gorontalo

Gorontalo – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, terkait dengan pembangunan infrastruktur di Indonesia tidak ada masalah, dalam Tiga tahun harus sudah selesai, dimana ada 49 waduk besar, termasuk salah satunya ada di Provinsi Gorontalo.

Selain itu ada sekitar 1600-an irigasi kecil, sedang, besar, maupun embung-embung yang ada ditingkat desa, percepatan pembangunan infrastruktur jalan tol, lintas Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, termasuk jembatan.

” sudah ditinjau Presiden bebera waktu lalu, jalur kereta Api antara Makassar melalui Gorontalo menuju Menado sudah diatas 50 Kilometer,” Kata Tjahjo Kumolo.

Ia menemabakan, ini yang akan terus dipercepat oleh pemerintah, target percepatan pembangunan infrastruktur, diantara pembangunan jalur tol, dan infrastruktur pendukung lainya.

Sehingganya, Mendagri berharap, kepada pemerintah daerah, sebelum melakukan sebuah perencanaan program, harus ada evaluasi terlebih dahulu, seperti apa program program yang dijalankan tahun-tahun sebelumnya.

” makanya perencanaan ditahun 2016, mulai dari lelang proyek, baik ditingkat provinsi, hingga anggaran desa harus tepola dengan baik,” harapnya.

Jadi yang pertama adalah evaluasi, kemudian masuk perencanaan program, penganggaran dipersiapkan dengan baik, sehingga kemudian akan jadi bahan evaluasi ditahun selanjutnya.

” merencanakan pembangunan juga harus jangka panjang, begitu sudah direncanakan sebisa mungkin harus dimulai dengan baik,”tutupnya.

267 total views, 1 views today

author

Author: 

Leave a Reply